Baznas Sigi bantu kebutuhan pangan penyintas di masa pandemi

id baznas,baznas sigi,penyintas gempa sigi,penyintas likuefaksi sigi,dprd sigi,pemkab sigi,kabupaten sigi

Baznas Sigi bantu kebutuhan pangan penyintas di masa pandemi

Baznas Sigi salurkan bantuan paket pangan kepada penyintas bencana gempa dan likuefaksi kala pandemi COVID-19, untuk mengurangi beban penyintas. (ANTARA/HO-Baznas Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah membantu kebutuhan pangan para penyintas bencana gempa dan likuefaksi daerah tersebut saat pandemi COVID-19 untuk meringankan beban mereka.

Ketua Baznas Sigi As'ad Syukur di Sigi, Selasa, mengemukakan penyaluran dan distribusi bantuan pangan untuk warga di Kabupaten Sigi merupakan salah satu program tahunan.

"Program Baznas Sigi ini berjalan tidak lepas dari kepedulian kita masing-masing serta niat dan kesadaran dalam memberikan zakat, infaq dan sedekahnya untuk disalurkan ke Baznas Sigi lalu didistribusikan kepada warga," ucap As'ad Syukur.

Distribusi kebutuhan pangan penyintas pada saat pandemi COVID-19, kata As'ad, dilaksanakan oleh Baznas Sigi pada Selasa(3/11).



"Sebanyak 200 paket pangan didistribusikan. Dalam pelaksanaannya, kami juga melibatkan pemerintah daerah dan forum komunikasi pimpinan daerah Sigi," ujarnya.

Ia menegaskan Baznas Sigi tidak diam ketika melihat kondisi masyarakat penyintas yang belum pulih seutuhnya, kemudian terdampak lagi dengan pandemi COVID-19.

"Kami tidak tinggal diam melihat kondisi yang dirasakan masyarakat, yang nantinya akan berubah dimana masyarakat bisa bangkit dengan ekonomi yang lebih baik," ujarnya.

Ia menerangkan Baznas Sigi merupakan lembaga resmi yang dibentuk oleh negara dalam mengelola Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) secara nasional.

"Karena itu Pemkab Sigi menopang Baznas dengan menerbitkan surat edaran bupati mengenai pemotongan wajib zakat penghasilan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lembaga negara lainnya. Hal ini bisa berjalan dengan baik dan dapat bersinergi dengan program pemerintah daerah," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae berterima kasih pada Baznas Sigi yang telah peduli memberikan perhatian kepada masyarakat Sigi, lewat pemberian bantuan paket pangan dalam bentuk sembako.

"Walaupun tidak seberapa besar, hal ini akan sangat bermanfaat dan masyarakat penerima paket sembako agar selalu bersemangat dan bangkit di masa pandemi serta menjaga kesehatan," kata Rizal.



Terkait distribusi bantuan paket pangan tersebut, salah satu warga penerima manfaat di Desa Rogo Sagaf mengaku bersyukur dan senang bisa menerima paket sembako dari Baznas Sigi. "Kami berharap bantuan ini bisa berkelanjutan," ucap Sagaf.