Penceramah tegaskan ASN mesti banyak bersyukur di tengah pandemi COVID-19

id Asn bersyukur,dampak pandemi,das'ad latif,penceramah kondang,Tausiah Kemensos

Penceramah tegaskan ASN mesti banyak bersyukur di tengah pandemi COVID-19

Penceramah kondang sekaligus dosen Universitas Hasanuddin (UNHAS) ustaz Das'ad Latif saat memberikan tausiah kepada ASN di lingkungan Kementerian Sosial. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Keterlaluan pegawai ASN kalau tidak bersyukur. Coba lihat dampak COVID-19 gaji pegawai negeri tidak dikurangi, tunjangan juga tidak dikurangi
Jakarta (ANTARA) - Penceramah kondang sekaligus dosen Universitas Hasanuddin (UNHAS) ustadz Das'ad Latif mengatakan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Tanah Air seharusnya lebih banyak bersyukur karena tidak terlalu terdampak pandemi COVID-19 dari segi pendapatan.

"Keterlaluan pegawai ASN kalau tidak bersyukur. Coba lihat dampak COVID-19 gaji pegawai negeri tidak dikurangi, tunjangan juga tidak dikurangi," kata dia saat mengisi tausiah pada kegiatan satu tahun kepemimpinan Menteri Sosial Juliari P Batubara dengan tema "Mewujudkan Akhlakul Karimah bagi SDM Kesejahteraan Sosial yang kuat dan Tangguh" secara virtual di Jakarta, Kamis.

Bahkan, katanya, jam kerja para ASN sebenarnya malah dikurangi di tengah pandemi COVID-19. Di sisi lain, banyak karyawan gajinya yang dikurangi, jam kerja ditambah hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Makanya keterlaluan kalau tidak bersyukur," ujar dia.

Contoh lain, selama pandemi para ASN tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi karena pada umumnya bekerja dari rumah atau work from home.

Oleh sebab itu, lanjut dia, sudah seharusnya para ASN memperbanyak bersyukur. Banyak hal bisa dilakukan salah satunya dengan mendekatkan diri pada tuhan. Tidak hanya itu, pegawai negeri juga diminta lebih meningkatkan kinerja di tengah pandemi COVID-19.

Pada dasarnya jabatan yang diemban oleh pejabat memudahkan mereka untuk masuk surga. Sebab, bekerja melayani masyarakat, katanya.

"Keliru pejabat kalau tidak memudahkan jabatannya masuk surga," ujarnya.

Namun, ia juga mengingatkan bila amanah yang diemban tersebut keliru dan tidak menyejahterakan masyarakat maka gampang pula terjebak dan akan mendapat balasan di hari akhir.

Dalam tausiah tersebut, ustaz Das'ad Latif mengatakan suatu ketika Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan bahwa orang yang baik ialah orang yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain.

Salah satu kementerian dan lembaga yang banyak berguna atau bermanfaat bagi orang lain ialah Kementerian Sosial. Sebab, ketika ada bencana alam, bencana sosial dan lainnya, maka instansi tersebut selalu hadir di lapangan untuk membantu.