KPU Sigi libatkan pengurus rumah ibadah sosialisasikan Pilkada 2020

id pilkada sigi,pilkada serentak,pilbup sigi,pilkada sigi tahun 2020,anhar lasingki,kpu sigi

KPU Sigi libatkan pengurus rumah ibadah  sosialisasikan Pilkada 2020

Anggota Bidang Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Sigi Anhar Lasingki. (ANTARA/HO-Humas KPU Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, melibatkan pengurus rumah ibadah dan agamawan untuk menyosialisasikan Pilkada 2020, menjelang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

"Kami melibatkan pihak pengurus masjid dan pengurus gereja, dalam hal menyampaikan kepada masyarakat atau umat beragama tentang Pilkada 2020," ucap Anggota Bidang Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Sigi Anhar Lasingki, di Sigi, Sabtu.

Anhar mengatakan bahwa KPU Sigi terjun langsung menyampaikan pengumuman kepada masyarakat lewat rumah-rumah ibadah yang ada di kabupaten tersebut.

Hal itu dilakukan dengan maksud agar masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih, berbondong-bondong menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020.

"Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2020," katanya.

KPU Sigi, kata Anhar, sangat mengharapkan peran dari agamawan untuk membantu menyampaikan kepada umat beragama tentang pelaksanaan pilkada dan pentingnya berpartisipasi menyalurkan hak pilih pada 9 Desember 2020.

Selain peran pengurus rumah ibadah dan agamawan, KPU Sigi juga melakukan sosialisasi kepada pemuda yang tergabung dalam berbagai komunitas dan kelompok pencinta alam dan seni yang ada di masing-masing desa.

Hal ini untuk mendorong partisipasi generasi muda yang telah masuk daftar pemilih, agar menyalurkan hak pilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi 2020.

"Kami juga menggandeng kelompok perempuan, organisasi perempuan seperti Wanita Islam Alkhairaat (WIA), dalam hal mendorong perempuan untuk berpartisipasi dalam pilkada," ujarnya.

Pilkada Kabupaten Sigi 2020 diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan calon nomor urut 1 Mohammad Irwan Lapatta-Samuel Y Pongi dan pasangan nomor urut 2 Husen Habibu-Paulina.