Menhub Harus Wujudkan Jalur Kereta Api Sulawesi

id kereta

Menhub Harus Wujudkan Jalur Kereta Api Sulawesi

Gorontalo,  (antarasulteng.com) - Sejumlah warga di Gorontalo mengharapkan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) yang baru Ignasius Jonan, untuk mewujudkan wacana pembangunan jalur rel kereta api wilayah Sulawesi.

"Kami tahu sudah ada wacana pembangunan jalur kereta api dari Sulawesi Selatan ke Sulawesi Utara, yang juga melintasi Provinsi Gorontalo, ini harus bisa 'ditangkap' oleh Menhub yang baru," kata Adrian, salah satu warga Gorontalo, Rabu.

Dengan hadirnya pembangunan kereta api di jalur Sulawesi, tentunya sangat bermanfaat besar bagi kepentingan rakyat, serta mampu menggerakkan sektor ekonomi di daerah-daerah se Sulawesi.

Apalagi Menhub yang baru Ignasius Jonan, merupakan pejabat yang sukses mengelola PT Kereta Api Indonesia (KAI), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kalau jalur kereta api hadir di Sulawesi, diyakini pertumbuhan ekonomi meningkat serta masyarakat tidak kesulitan memasarkan berbagai hasil pertanian dan kelautan.

Sementara akademisi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Citra Dano Putri menilai, wacana pembangunan kereta api jangan sekedar wacana, karena pemerintahan Jokowi-JK saat ini memprioritaskan program kemaritiman.

"Salah satu program penting mendukung kemajuan sektor kemaritiman, tentunya adanya transportasi yang memadai, baik di laut, udara dan darat," ujar pengajar Komunikasi Politik Fakultas Ilmu Sosial UNG ini.

Transportasi darat dengan hadirnya kereta api mendukung penuh kemajuan kemaritiman, khususnya untuk mengangkat potensi pemasaran hasil sumber daya alam kelautan antar wilayah dan sebagainya.

"Memang pembangunan kereta api membutuhkan anggaran besar, tetapi bisa diatur tahapan pembangunan secara bertahap," ujarnya(skd)