Calon vaksin COVID Australia aman dan hasilkan respons antibodi tahap awal

id Calon vaksin COVID Australia,Menteri Kesehatan GregHunt,respons antibodi

Calon vaksin COVID Australia aman dan hasilkan respons antibodi tahap awal

Dokumentasi. Tangan wanita memegang botol kecil berlabel stiker "Vaksin Coronavirus COVID-19". (ANTARA/REUTERS / Dado Ruvic/pri.)

Sydney (ANTARA) - Pengujian awal calon vaksin COVID-19 yang dikembangkan salah satu universitas Australia dan CSL tampaknya aman dan menghasilkan respons antibodi, menurut Menteri Kesehatan Greg Hunt pada Jumat.

Perusahaan farmasi sedang berlomba mengembangkan pengobatan ampuh melawan virus di tengah lonjakan kasus COVID-19, yang menelan lebih dari satu juta nyawa sekaligus melumpuhkan ekonomi dunia.

Sejumlah calon vaksin, termasuk buatan Pfizer dan AstraZeneca diperkirakan bakal segera mengumumkan hasil uji tahap akhir.

Pfizer awal pekan ini mengklaim bahwa vaksin COVID-19 eksperimental buatannya lebih dari 90 persen efektif berdasarkan hasil uji klinis awal.

Sementara vaksin lainnya, yang dikerjakan oleh Universitas Queensland dan CSL kini akan memulai uji klinis tahap akhir, kata Hunt.

"Vaksin tersebut terbukti aman melewati uji klinis tahap I dan terlihat menghasilkan respons antibodi yang positif," kata Hunt kepada awak media di Quuensland.

"Efektif. Terutama pada orang tua, dan itu merupakan hasil yang sangat penting, mengingat kerentanan global COVID-19 terhadap orang tua di seluruh dunia."

Jika lolos uji coba, Hunt mengatakan vaksin COVID-19 siap didistribusikan pada kuartal tiga 2021.

Australia menyepakati kontrak pembelian 51 juta dosis calon vaksin yang dikembangkan Universitas Quuensland. Pihaknya juga akan mendatangkan vaksin AstraZeneca jika berhasil melalui uji tahap akhir.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar