Konjen AS Tanya Sikap Sulteng Terhadap Pilkada Langsung

id konsul, Monserrate

Palu,  (antarasulteng.com) - Konsul Jenderal AS di Surabaya Joaquin F Monserrate mempertanyakan keberpihakan pemerintah Sulawesi Tengah, apakah mendukung pemilihan kepala daerah langsung atau tidak.

Hal itu dipertanyakan Monserrate saat bertemu Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto bersama sejumlah jajarannya di Kantor Gubernur, Senin.

Menjawab hal itu Sudarto spontan menjawab mendukung pemilihan kepala daerah langsung.

"Kita dukung pilkada langsung," katanya.

Sudarto mengatakan dirinya sudah dua kali mengikuti pemilihan kepala daerah langsung, namun sekali gagal dan baru kedua kalinya berhasil setelah berpasangan dengan Longki Djanggola pada pemilihan gubernu 2011 lalu.

Selain itu Sudarto juga sudah merasakan pemilihan melalui DPRD dua kali saat dirinya menang menjadi Bupati Banggai dua periode.

"Jadi ada plus minusnya," kata Sudarto.

Sudarto mengatakan 2015 sebanyak tujuh daerah akan melaksanakan pemilihan kepala daerah secara serentak dan itu akan dilakukan melalui pemilihan langsung sesuai amanat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1/2014.

Sementara itu Monserrate mengatakan di beberapa negara, pemimpin kepala daerah banyak yang dipilih kembali masyarakatnya jika kinerja pemerintahannya berhasil.

"Pasti dipilih masyarakat," katanya.

Monserrate juga mempertanyakan sikap pemerintah provinsi terhadap pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla khususnya terkait adanya konflik internal DPR.

Terkait hal itu Sudarto maupun jajarannya seperti Asisten II Setdaprov Bunga Elim Somba tidak memberikan penjelasan.(skd)