Grab - Kalla Group gelar UMKM Hunt untuk pulihkan UMKM Sulsel

id Grab Indonesia, UMKM Sulsel, UMKM Makassar, UMKM Hunt 2020

Grab - Kalla Group gelar UMKM Hunt untuk pulihkan UMKM Sulsel

Pihak Grab Indonesia bersama pihak pemerintah provinsi Sulsel dan Pemkot Makassar saat melakukan launching UMKM Hunt untuk pemulihan ekonomi UMKM Makassar yang digelar di Mall Ratu Indah Makassar, Sabtu (14/11/2020). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Grab Indonesia bekerja sama Kalla Group secara resmi merilis UMKM Hunt untuk membantu sekaligus menfasilitasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sulawesi Selatan dalam rangka pemulihan ekonomi.

Program yang pertama kali diluncurkan di Makassar, Sabtu, hadir untuk memberikan pelatihan, kesempatan promosi serta fokus untuk mendigitalisasi ratusan UMKM lokal Makassar agar dapat menjadi bagian dari ekonomi digital yang terus berkembang.

Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan UMKM Hunt hadir untuk membantu UMKM beradaptasi melalui ekosistem digital dalam memasarkan produk-produknya. Sekaligus sebagai momentum dalam peringatan HUT ke 413 Kota Makassar.

"Intinya itu kolaborasi di jaman era digital seperti sekarang, itu kenapa UMKM Hunt ini kita hadirkan sebagai wujud mendukung dan mendorong UMKM meneruskan usahanya di masa pandemi dan pada fase tatanan hidup baru," katanya pada launching UMKM Hunt yang digelar di Mall Ratu Indah Makassar, Sabtu.

UMKM Hunt merupakan bentuk kegiatan dengan kolaborasi berbagai pihak antara pemerintah dan pihak swasta yang akan melibatkan sedikitnya 120 pelaku UMKM selama tahun 2021 di Nipah Mall Makassar.

"Pendaftarannya kita mulai hari ini. Silahkan mendaftar untuk bisa mengikuti exhibition. Para UMKM yang sudah daftar akan dikurasi oleh tim Grab dan Kalla Group sekaligus terdigitalisasi dengan menjadi mitra merchant Grabfood dan Grabmart," kata Neneng.

Kalla Group bersama Grab Indonesia akan menyediakan 30 tenan gratis di Mall Nipah Makassar setiap tiga bulan selama 2021, sehingga 120 UMKM diharapkan bisa merasakan manfaat Program UMKM Hunt hingga akhir tahun 2021 untuk membantu para UMKM meningkatkan eksistensinya dalam perbaikan ekonomi.

Bukan itu saja, pada pelaksanaannya, UMKM Hunt akan menfasilitasi para pelaku UMKM di Sulsel agar memperoleh edukasi mengenai "UMKM Go Digital" yakni memanfaatkan digital dalam pemasaran produk. Edukasi dikemas dengan berbagai kegiatan, seperti webinar, pelatihan dan talk show.

"Kita dengan produk UMKM harus bangga terhadap produk buatan Indonesia, ini salah satu cara untuk mempercepat digitalisasi UMKM. Turut membantu UMKM Makassar dan Sulsel melalui pelatihan," ujar Neneng.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Evi Aprialty mengatakan UKM memiliki peran penting dalam menyanggah perekonomian nasional khususnya pada perekonomian masyarakat bawah.

Kata dia, keataatan globalisasi menuntut UKM lebih keras memasarkan produknya melalui sosial media yang menawarkan jangkauan lebih luas. "Untuk komunikasi dua arah menjadi alasan media harus dikuasai UKM. Apalagi Makassar didominasi oleh UMKM pada sektor kuliner," ujarnya.

UKM Hunt ini diharapkan dapat mejaring UKM Kota Makassar untuk lebih berinovasi. Bukan hanya bertahan di masa pandemi COVID-19, tetapi juga mampu memperoleh dan menikmati keuntungan di era digital.