Dinas Pangan Sulteng promosi penganekaragaman konsumsi pangan di Morut

id pangan,promosi, bupati

Dinas Pangan Sulteng promosi penganekaragaman konsumsi pangan  di Morut

Bupati Morowali Utara (Morut) Moh. Asrar (kanan) .(Antara/Anas Masa)

Morut, Sulteng (ANTARA) - Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar promosi program penganekaragaman konsumsi pangan lokal di Kabupaten Morowali Utara, salah satu dari 13 kabupaten dan kota di daerah ini.

Bupati Morowali Utara, Moh. Asrar, Rabu mengatakan kegiatan itu sangat penting dan perlu terus dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan pencerahan dan pengetahuan akan penganekaragaman konsumsi pangan lokal.

Selama ini, kata dia, masyarakat sangat bergantung penuh pada bahan makanan beras (nasi), padahal mengkonsumsi pangan nonberas jauh lebih sehat dan aman.

Di Kabupaten Morowali sejak zaman dahulu sudah memiliki keanekaragaman pangan. Bukan hanya beras, tetapi ada bahan makanan pangan nonberas seperti ubi-ubian, pisang dan sagu.

Sagu yang biasanya diolah menjadi makanan khusus (dui-bhs Mori) menjadi makanan favorit nenek moyang dan sampai sekarang ini juga menjadi makanan paling digemari orang dari daerah tersebut.

Bupati mengatakan gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan diversifikasi pangan dan juga kunci sukses pembangunan bidang pertanian.

Karena itu, perlu promosi secara berkesinambungan dengan melibatkan para pelaku usaha y6ang bergerak dalam sektor UMKM pangan lokal yang ada di Kabupaten Morut.

Para pelaku UMKM di daerahnya diimbau terus mengembangkan usaha dan cerdas dalam membaca setiap peluang pasar yang ada dengan menyiapkan atau memproduksi produk olahan dari bahan baku pangan lokal.

Pangan lokal, kata dia, sangat banyak dikembangkan petani di Kabupaten Morowali Utara.

"Tinggal bagaimana pelaku usaha mengembangkan usaha berbazis pangan lokal dengan menjaga kualitas, termasuk mengemas sedemikian bagus dan cantik agar bisa menarik konsumen," ujar Bupati Asrar.

Bupati juga menyarankan dilaksanakan lomba menyangkut gerakan pangan lokal B2SA dengan melibatkan UMKM dan organisasi wanita seperti PKK.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar