Enam UMKM di Sulteng dapat penghargaan siddhakarya

id dinas tenaga kerja provinsi sulteng,siddhakarya,pemprov sulteng,gubernur sulteng,mulyono,sekretaris daerah provinsi sulteng

Enam UMKM di Sulteng dapat penghargaan siddhakarya

Penyerahan penganugerahan produktivitas  siddhakarya tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020 kepada enam UMKM, di Palu, Kamis. (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tengah menyatakan enam usaha mikro kecil menengah (UMKM) mendapat penghargaan "Siddhakarya", atas karya-karya yang dilakukan oleh UMKM dalam peningkatan produktivitas.

"Penghargaan tersebut untuk mendorong gerakan peningkatan produktivitas perusahaan, selain itu, juga sebagai prokdutivitas siddhakarya tersebut diberikan oleh Kemenaker kepada perusahaan yang berperan dalam peningkatan produktivitas dan menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tengah, Arnold Firdaus, di Palu pada acara penyerahan penganugerahan produktivitas siddhakarya tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Kamis.

Arnold mengatakan tahun 2020i, ada enam UMKM yang mempunyai karya prima untuk menerima penganugerahan tersebut yaitu UMKM Sofie Local Food, AA Bakery dan UMKM AZ-Zahra dari Kota Palu, UMKM Keripik Tiga Dara dari Kabupaten Donggala, UMKM Kripik Wahyu (Kabupaten Banggai), dan UMKM Ranggina Kacang 2 Bersaudara (Kabupaten Morowali).

Berkaitan dengan itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mulyono menjelas produktivitas adalah tenaga penggerak paling ampuh bagi pertumbuhan usaha.

"Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan usaha yang tumbuh dan berkembang dengan cepat adalah sumber penciptaan lapangan kerja dan sekaligus sumber peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat atau pekerja dan keluarganya," kata Mulyono.

Menurut dia, pemberian  penghargaan  produktivitas Siddhakarya kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitasnya selama tiga tahun berturut-turut, adalah suatu bentuk peduli pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan.

"Ini untuk bersama-sama dunia usaha memacu peningkatan produktivitas dan daya saing bangsa dalam rangka penciptaan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Ia berharap penerima Siddhakarya tahun ini bisa menginspirasi UMKM-UMKM yang lain di Provinsi Sulawesi Tengah, untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, kualitas dan proses produksi yang ramah lingkungan.

"Sehingga dapat diperoleh perusahaan-perusahaan yang dapat dijadikan role model dalam peningkatan produktivitas yang dapat bersaing dengan negara maju lainnya," imbuhnya.
Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mulyono menyerahkan piagam penghargaan Siddhakarya kepada pelaku usaha UMKM pada acara penganugerahan produktivitas Siddhakarya tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020 kepada enam UMKM, di Palu, Kamis. (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Pemprov Sulteng)