Dishub Sulteng: program mudik gratis tahun ini dihentikan sementara

id dishub, sulteng, mudik, gratis

Dishub Sulteng: program mudik gratis tahun ini dihentikan sementara

Kepala  Bidang Darat, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Sulteng, Sumarno di Palu, Jumat membenarkan program mudik gratis baik Hari Raya Indul Fitri, Natal dan Tahun Baru kali ini tidak ada. (Antara/Anas Masa)

Ya selain karena pandemi COVID-19, juga dana untuk program mudik gratis dialihkan membiayai kebutuhan daerah lainnya
Palu (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan program mudik gratis yang setiap tahunnya diberlakukan di daerah itu menjelang hari-hari besar keagamaan, untuk sementara dihentikan pada 2020 ini.

Kepala Bidang Darat, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Sulteng Sumarno di Palu, Jumat, membenarkan program mudik gratis baik Hari Raya Indul Fitri, Natal maupun Tahun Baru kali ini ditiadakan.

"Ya selain karena pandemi COVID-19, juga dana untuk program mudik gratis dialihkan membiayai kebutuhan daerah lainnya," katanya.

Pemprov Sulteng juga mengimbau masyarakat untuk menunda mudik pada Natal dan Tahun Baru mengingat penyebaran virus corona hingga kini masih cukup tinggi di beberapa daerah. Tidak mudik merupakan salah satu solusi mencegah dan memustuskan mata rantai penyebaran virus corona.

Menyangkut ketersediaan armada baik angkutan kota antarprovinsi maupun angkutan kota dalam provinsi (AKAP/AKDP) di Sulteng untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru, masih sangat memadai jumlahnmya.

Selama masa pandemi COVID-19, arus penumpang menurun drastis dibandingkan sebelum pandemi. Penurunan tersebut selain karena masih banyak pengguna jasa transportasi darat yang enggan melakukan perjalanan keluar, juga terkait ketatnya protokol kesehatan COVID-19. Karena itu, masyarakat lebih memilih untuk mengurangi perjalanan keluar.

Program mudik gratis pada tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan Pemprov Sulteng mendapat perhatian besar masyarakat kurang mampu, pelajar dan mahasiswa.

Misalkan program mudik gratis pada 2019, Pemprov Sulteng memberi kuota sampai 500 orang penumpang. 
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar