Pembentukan Kodim Morowali Tinggal Tunggu Keputusan KSAD

id kasad, kodim

Palu,  (antarasulteng.com) - Pembentukan Komando Distrik Militer (Kodim) 1311/Morowali, Sulawesi Tengah, tinggal menunggu keputusan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) karena bangunan markas telah dinyatakan siap ditempati.

"Begitu Skep KSAD terbit, Kodim langsung ditempati. Kodam VII Wirabuana nanti yang akan mengisi personelnya," kata Kepala Penerangan Korem 132/Tadulako Mayor Arh Irza Faily di Palu, Kamis.

Ia mengatakan bangunan yang sudah siap ditempati antara lain markas komando, rumah jabatan dan asrama. Lokasi markas berada di Bungku, Ibu Kota Kabupaten Morowali.

Tanah seluas enam hektare untuk membangunan markas Kodim itu dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Morowali, sedangkan bangunan markas dibiayai oleh Mabes TNI AD, ujarnya.

Kodim tersebut akan memiliki wilayan dua kabupaten, yakni Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara. Kedua kabupaten ini saat ini masih tergabung dalam Kodim 1307 Poso.

Pertimbangan pembentukan Kodim Morowali adalah wilayah Kodim induk terlalu luas dan ada bantuan tanah dari pemerintah daerah.

Tentang pembentukan Kodim di Kabupaten Parigi yang terpisah dari Kodim 1306 Donggala, Irza mengatakan secara luas wilayah, pembentukan Kodim itu bisa dilakukan namun masih ada kendala pada ketersediaan lahan.

Ia mengatakan jika pemerintah daerah setempat membantu pengadaan lahan maka pembentukan Kodim itu dapat lebih cepat.

Korem 132 Tadulako saat ini memiliki empat Kodim yakni Donggala, Poso, Tolitoli Buol dan Luwuk Banggai.(skd)