Korem Tadulako Kirim 32 Calon Tamtama

id tamtama, tni

Korem Tadulako Kirim 32 Calon Tamtama

Ilustrasi-Penerimaaan Calon Tamtama TNI AD (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Komando Resor Militer 132/Tadulako mengirimkan 32 calon tamtama untuk menempuh pendidikan di Bitung, Sulawesi Utara.

Kepala Penerangan Korem 132/Tadulako Mayor Irza Faily di Palu, Kamis, menyebutkan jumlah tersebut sebenarnya masih kurang dari jumlah kuota 50 orang untuk gelombang II tahun 2014.

"Yang ikut tes sebanyak 263 orang, namun yang dinyatakan lolos di tingkat Korem hanya 32. Tidak bisa kita paksakan jumlahnya untuk memenuhi kuota. Kalau yang lulus hanya 32 ya segitu aja yang diterima. Tidak bisa kami menerima yang tidak lulus hanya untuk mengejar kuota," katanya.

Ia mengatakan peserta gagal menjadi calon tamtama antara lain karena tinggi badan kurang, tidak lulus tes jasmani, kesehatan dan administrasi.

Jumlah 32 orang itu, katanya, masih dimungkinkan untuk berkurang sebab mereka masih akan menjalani tes lagi saat di Sekolah Calon Tamtama (Secata) B Resimen Induk Kodam (Rindam) VII Wirabuana, Bitung.

Kekurangan jumlah kuota itu, katanya, akan diisi oleh Korem-Korem lain di lingkungan Kodam VII.

Dia menjamin semua peserta yang lolos tes murni karena kemampuan, tidak ada calon titipan dan tidak ada sogok menyogok dengan uang.

"Kalo nyogok nanti ketahuan. Yang terima sogokan juga harus menanggung risiko dan bisa masuk sel. Panitia tidak mungkin menerima uang dengan mengorbankan karir masa depannya," katanya.

Sementara itu pada gelombang I penerimaan calon tamtama 2014, Korem 132 hanya mengirimkan 5 calon dari 28 kuota yang ditetapkan.

Tentang penempatan setelah lulus, Irza mengatakan hal itu akan diatur oleh Kodam VII. (skd)