Dosen IAIN perlu mengabdi pada masyarakat berbasis riset

id dosen IAIN Palu,fatimah saguni,rektor iain palu,prof sagaf pettalongi,iain palu,Dosen perlu mengabdi pada masyarakat,Dos

Dosen IAIN perlu mengabdi pada masyarakat berbasis riset

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menyampaikan arahan dalam workshop peningkatan kontribusi dosen IAIN Palu dalam pengabdian masyarakat berbasis riset, di masa pandemi COVID-19, di Palu, Selasa. (ANTARA/HO-Kasubag Humas IAIN Palu Lukman Latif)

Pengabdian kepada masyarakat merupakan aktivitas untuk meningkatkan kapasitas, dan kualitas fungsional dosen dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat
Palu (ANTARA) - Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Dr Fatimah Saguni, di Palu, Selasa, mengemukakan, dosen di perguruan tinggi tersebut perlu mengabdi pada masyarakat berbasis riset, di tengah pandemi COVID-19.

"Pengabdian kepada masyarakat merupakan aktivitas untuk meningkatkan kapasitas, dan kualitas fungsional dosen dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat," kata Dr Fatimah Saguni,dalam workshop peningkatan kontribusi dosen IAIN Palu dalam pengabdian masyarakat berbasis riset, di masa pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan, interaksinteks pengabdian masyarakat, dibekali dengan kegiatan pendukung mutu pengabdian kepada masyarakat, yang difokuskan pada peningkatan knowledge dan keterampilan teknis para dosen.

Hal itu agar, kata dia, dosen sebagai komponen civitas academik perguruan tinggi memiliki peran dalam menunjang keberhasilan perguruan tinggi di mana dia bernaung.

"Salah satu keberhasilan itu bisa dilihat dari akreditasi perguruan tinggi. Tugas dosen sebagai ilmuwan mengharuskannya untuk bisa mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Tugas utama dosen tersebut diaplikasikan melalui konsep Tri dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," kata dia.

Ia mengemukakan, dosen dapat melakukan pengabdian berbasis riset merupakan kegiatan pendukung mutu pengabdian kepada masyarakat, untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, teori, aplikasi dan keterampilannya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset.

"Keterlibatan perguruan tinggi dalam mengadvokasi masyarakat menjadi sangat penting, agar teorisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di perguruan tinggi dapat terimplementasikan secara langsung dalam kehidupan masyarakat," katanya.

Berkaitan dengan itu, Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi MPd mengemukakan dosen sebagai salah satu komponen civitas akademik yang merepresentasikan perguruan tinggi, berkewajiban untuk melakukan riset/penelitian.

"Riset atau penelitian menjadi satu keharusan akademisi, dalam mengembangkan kompotensi dan karya," katanya.

Rektor mendukung upaya Pusat Penelitian dan Penerbitan IAIN Palu untuk mendorong dosen melakukan pengabdian masyarakat berbasis riset.

Ia berharap agar, hasil penelitian para dosen dapat dituangkan dalam bentuk tulisan, yang selanjutnya dapat dimuat di jurnal internasional.

Workshop peningkatan kontribusi dosen IAIN Palu dalam pengabdian masyarakat berbasis riset, di masa pandemi COVID-19, dilaksanakan mulai tanggal 31 November - 1 Desember, diikuti 60 dosen.
Workshop peningkatan kontribusi dosen IAIN Palu dalam pengabdian masyarakat berbasis riset, di masa pandemi COVID-19, di Palu, Selasa. (ANTARA/HO-Kasubag Humas IAIN Palu Lukman Latif)