Kementerian ESDM bantu kebutuhan air bersih warga Sigi

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Sisiliandy A Ponulele,Muh Basir,Sumur Bor Sigi

Kementerian ESDM  bantu kebutuhan air bersih warga Sigi

Ilustrasi - Seorang warga mengambil air bersih di sumur bor bantuan Kementerian ESDM di Kelurahan Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (12/2/2019). ANTARA/Mohamad Hamzah

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral membantu pemenuhan kebutuhan warga Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah terhadap air bersih sebagai langkah antisipasi terjadinya kesulitan air.

"Pemkab Sigi mendapat bantuan satu sumur bor dari Badan Geologi Kementerian ESDM," ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh Basir di Sigi, Jumat.

Satu sumur bor yang dibangun oleh Kementerian ESDM melalui Badan Geologi, terletak di Desa Ngatabaru, Kecamatan Sigi Biromaru. Keberadaan sumur bor tersebut sangat membantu kebutuhan warga atas air bersih.

Oleh Kementerian ESDM, kata dia, Desa Ngatabaru menjadi sasaran pembangunan sumur bor, karena dinilai desa itu termasuk sulit mendapatkan air bersih.

"Program penyediaan air bersih ini adalah upaya pihak Kementerian ESDM, dalam hal mengatasi persoalan kebutuhan air bersih masyarakat di daerah sulit air, yang ada di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Sigi," ucapnya.

Beberapa wilayah di Kabupaten Sigi mengalami kesulitan air bersih. Apalagi setelah bencana alam gempa bumi dan likuefaksi, yang semakin menambah kesulitan warga untuk mendapat air.

Adanya bantuan pembangunan sumur bor, diharapkan masyarakat bisa merawat dan menjaga dengan baik sarana yang telah disediakan oleh pemerintah, agar bisa digunakan secara berkelanjutan.

Bantuan sumur bor tersebut, telah diserahkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM melalui Sekretaris Antonius Ratdomopurbo kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi , berlangsung di Bandung, Kamis (3/12).

Penyerahan bantuan itu diikutkan dengan penandatanganan naskah hibah dan berita acara serah terima barang milik negara dari Kementerian ESDM kepada Pemkab Sigi.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar