Tim hukum Delis-Djira laporkan dugaan politik uang ke Bawaslu Morut

id Beteleme,Delis-Djira,Pilkada Morut,Bawaslu,Morut

Tim hukum Delis-Djira laporkan dugaan politik uang ke Bawaslu Morut

Salah seorang warga yang dipaksa menerima sesuatu agar mencoblos calon tertentu dalam Pilkada Morut 2020 (kiri-kaos merah), menyerahkan bukti kasus politik uang kepada Tim Hukum Delis-Djira di Bungintimbe, Senin (7/12) (Antaranews.com/HO-Istimewa) (ANTARA/HO-Doc.pribadi)

Yansen: masih ada beberapa kasus dugaan praktik politik uang dari sejumlah kecamatan yang sedang diberkaskan untuk dilaporkan ke Bawaslu. 
Beteleme (ANTARA) - Tim hukum pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Morowali Utara Delis-Djira (D1A) yang diketuai Dr Winner Agustinus Siregar, SH.MH, melaporkan dugaan praktik politik uang untuk memilih calon tertentu dalam Pilkada Morut 9 Desember 2020.

Salah seorang anggota Tim Hukum Delis-Djira, Yansen Kundimang, SH.MH yang dihubungi di Beteleme, Selasa malam, membenarkan hal itu. Laporan diserahkan ke Bawaslu Morut di Kolonodale pada Selasa, 8 Desember 2020.

Yansen menyebutkan, dugaan politik uang itu terjadi di Desa Bungintimbe, Kecamatan Petasia Timur, pada Senin, 7 Desember 2020.

Modusnya, seseorang mendatangi rumah warga kemudian memberikan uang Rp100.000 dan surat keputusan sebagai tim paslon tertentu atas nama seseorang pula.
Ketua Tim Hukum Delis-Djira, Dr Winner Agustinus Siregar, SH.MH (ANTARA/HO-Doc pribadi)

Akan tetapi ada warga yang menolak menerima uang itu, namu pelakunya tetap memberikan uang dan SK tersebut.

Pelakunya berkata; 'tidak apa-apa, ambil saja, nanti kamu pilih nomor 2.'

Dari kejadian itu, warga yang diberi uang dan SK tersebut kemudian melaporkan praktik politik uang ini ke Tim Hukum Delis-Djira.

"Laporan itu kemudian kami teruskan dan melaporkannya langsung ke Bawaslu Morut di Kolonodale pada Selasa 8 Desember," ujar Yansen.

Menurut Yansen, masih ada beberapa kasus dugaan praktik politik uang dari sejumlah kecamatan yang sedang diberkaskan untuk dilaporkan ke Bawaslu. 
 
Anggota Tim Hukum Delis-Djira, Yansen Kundimang, SH.MH (ANTARA/HO-Doc pribadi)
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar