Partisipasi pemilih Parigi Moutong meningkat jadi 73,34 persen

id Partisipasi pemilih, pilkada Sulteng, dirwan korompot, KPU, Parigi Moutong, sulteng

Partisipasi pemilih Parigi Moutong meningkat  jadi  73,34 persen

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Parigi Moutong, Dirwan Korompot. ANTARA/Moh Ridwan

Angka partisipasi pemilih di Pilkada kali ini 73,34 persen, meningkat dibandingkan pilkada lima tahun lalu 69 persen,
Parigi (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan partisipasi pemilih Kabupaten Parigi Moutong meningkat pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah 2020.
 
"Angka partisipasi pemilih di Pilkada kali ini 73,34 persen, meningkat dibandingkan pilkada lima tahun lalu 69 persen," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Dirwan Korompot yang ditemui, di Parigi, Kamis.
 
Menurut dia, meningkatnya partisipasi pemilih tidak terlepas dari kerja keras penyelenggara mulai dari tingkat bawah hingga atas, termasuk dukungan pemerintah setempat, aparat keamanan TNI/Polri, pemangku kepentingan dan masyarakat.
 
Oleh karena itu, KPU sebagai penyelenggara utama pemilihan mengapresiasi seluruh elemen yang turut serta menyukseskan Pilkada Sulteng mulai dari tahapan persiapan hingga pleno terbuka ditingkat kabupaten berjalan aman dan lancar.
 
"Pascapemilihan, kita tidak perlu berselisih paham. Urusan politik sudah selesai, saatnya kita bergandengan tangan untuk merajut dan memperkuat persaudaraan guna keutuhan daerah ini," ucap Dirwan.
 
Dia memaparkan, hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat KPU Parigi Moutong, jumlah suara sah sebanyak 213.645 suara, sedangkan suara tidak sah hanya 2.378 suara, total suara sah dan tidak sah sejumlah 216.023 suara dari jumlah pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 294.069 pemilih.
 
"Total DPT 294.069 terdiri dari laki-laki sebanyak 150.410 pemilih dan perempuan 143.659 pemilih," Ujar Dirwan.
 
Selain itu, pengguna hak pilih dalam DPT maupun pemilih yang pindah memilih (DPPh) serta pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT menggunakan hak suara dengan KTP-el atau surat keterangan (DPTb) berjumlah 216.023 pemilih.
 
Dia menambahkan ada pun jumlah surat suara yang digunakan pada Pilkada Sulteng di Parigi Moutong sebanyak 216.023 lembar dari total surat suara yang diterima KPU setempat, termasuk surat suara cadangan sebanyak 301.318 lembar.
 
"Surat suara dikembalikan oleh pemilih karena rusak atau keliru dicoblos sekitar 85 surat suara, dan jumlah surat suara yang tidak digunakan atau tidak terpakai, termasuk sisa surat cadangan sebanyak 85.210 lembar," katanya.
 
Dari hasil pleno tersebut, KPU setempat menetapkan perolehan suara pasangan nomor urut 1 Mohamad Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala sebanyak 79.302 suara, dan pasangan calon nomor urut 2 Rusdy Mastura-Ma'mun Amir 134.343 suara.

Baca juga: Rusdy-Ma'mun peroleh 134.343 suara di Parigi Moutong hasil pleno KPU
Baca juga: KPU sebut tingkat partisipasi PSU di Parigi Moutong 61 persen