Parigi Moutong raih penghargaan pemerintah inovatif

id Penghargaan iga, kemendagri, parigi moutong, sulteng, Zulfinasran, Bappelitbangda parimo

Parigi Moutong raih penghargaan pemerintah inovatif

Pemkab Parigi Moutong melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelibangda) Parigi Moutong, Zulfinasran (Kanan) menerima penghargaan kategori pemerintah paling inovatif, di Jakarta (18/12/2020). ANTARA/HO- Bappelitbangda Parimo

Penerapan strategi dan langkah-langkah inovasi melaksanakan tata kelola pemerintahan menurut pemerintah pusat baik, terbukti Parigi Moutong masuk dalam nominasi daerah paling inovatif
Parigi (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pemerintah inovatif tahun 2020 dalam menjalankan roda dan tata kelola pemerintahan.


 


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelibangda) Parigi Moutong Zulfinasran, di Jakarta melalui keterangan tertulisnya yang diterima, di Parigi, Jumat malam mengatakan, apresiasi diberikan berdasarkan penilaian Kemendagri merupakan satu kehormatan bagi Parigi Moutong yang menurut pemerintah pusat, kabupaten itu merupakan salah satu daerah paling inovatif.


 


"Penerapan strategi dan langkah-langkah inovasi melaksanakan tata kelola pemerintahan menurut pemerintah pusat baik, terbukti Parigi Moutong masuk dalam nominasi daerah paling inovatif," ujar Zulfinasran.


 


Dia mengemukakan, penghargaan tersebut di berikan kepada delapan daerah di tanah air termasuk Parigi Moutong salah satunya. Daerah-daerah tersebut yakni Kabupaten Ciamis, Cianjur, Sumedang Provinsi Jawa Barat, lalu Banyumas, Klaten, Semarang Provinsi Jawa Tengah dan Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah serta Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur.


 


Dia menjelaskan, tolak ukur penghargaan diberikan Kemendagri berdasarkan indeks inovasi daerah tahun 2020, kemudian dilihat dari semangat daya dan upaya serta keberhasilan melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan cara-cara inovatif.


 


"Pemerintah Pusat melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) melaksanakan tahapan penjaringan berupa penginputan data yang dilakukan daerah melalui dalam jaringan (daring) sejak 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri," papar Zulfinasran.


 


Dia menambahkan, aplikasi yang digunakan dibuat khusus untuk penilaian indeks inovasi dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak.


 


"Penghargaan ini kami dedikasikan untuk masyarakat Parigi Moutong. Lewat apresiasi ini, tentu pemerintah tidak berjumawa, kami tetap memperbaiki tata kelola pemerintahan agar semakin lebih baik ke depan," demikian Zulfinasran.