Polres Mamuju Jaring 199 Pelanggar Roda Dua

id operasi, zebra

Polres Mamuju Jaring 199 Pelanggar Roda Dua

Ilustrasi (antara)

Mamuju,  (antarasulteng.com) - Jajaran Polres Mamuju, Sulawesi Barat, berhasil menjaring 199 pelanggar bagi pengemudi kendaraan roda dua dalam operasi Zebra yang dilaksanakan di wilayah hukumnya sejak sepekan terakhir ini.

"Kegiatan operasi Zebra yang dilakukan telah berhasil menjaring 199 kendaraan roda dua dan dikenakan surat tilang atau bukti pelanggaran dalam operasi itu," kata Kepala Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Mamuju, AKP La Ode Idris di Mamuju, Rabu.

Menurutnya, dari sejumlah yang terjaring itu, berupa pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran dan ditilang sebanyak 1.317 unit, sedangkan jenis mobil pribadi yang ditilang 199 unit.

"Untuk pelanggaran kendaraan roda dua yang kena tilang kebanyakan karena pengendara tidak menggunakan helm, tidak lengkap surat-surat, dan tidak beragam pelanggaran lainnya," jelasnya.

Dia mengatakan, operasi lalu lintas ini telah dilakukan variatif secara bersama di satu tempat atau hunting untuk memaksimalkan kegiatan operasi kendaraan yang beroperasi di wilayah hukum Mamuju.

Ia berpesan kepada pengendara untuk selalu mematuhi peraturan berlalulintas yang tujuannya untuk keselamatan pengendara sendiri dan orang lain di jalan serta menjaga ketertiban berlalulintas.

"Yang pasti bagi pengendara sepeda motor hendaknya selalu menggunakan helm yang berstandar, karena banyak korban kecelakaan akibat luka parah di bagian kepala," kata La Ode.

Usai kegiatan Oprasi Zebra kata dia, akan dilanjutkan dengan oprasi lilin untuk pengamanan natal dan tahun baru yang juga akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Operasi Lilin akan segera kita lakukan, tinggal menunggu intruksi atau jadwal dari Polda Sulselbar, biasannya tanggal 24 sudah mulai operasi," terangnya.

La ode yang sebelumnya bertugas di Kasat Lantas Polres Polman itu, menghimbau para pengendara tetap patuh dan taat dalam berkendaraan karena aparat polisi tak akan segan-segan melakukan tilang terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran.

Selain akan melalukan operasi Lilin jelang Natal dan Tahun baru 2015 kata dia, maka proses pengamanan akan diperketat dengan membentuk sejumlah pos pengamanan.

"Pos pengamanan kita akan buat di sejumlah titik, di antarannya di anjungan pantai Manakarra, simpang lima kali Mamuju, terminal Simbuang dan Pelabuhan Fery," uungkapnya.(skd)