IAIN Palu harap empat prodi dapat nilai akreditasi A

id DR ABIDIN DJAFAR,IAIN PALU,AKREDITASI NASIONAL,AKREDITASI PRODI,WAREK I

IAIN Palu harap empat prodi dapat nilai akreditasi A

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Dr Abidin Djafar (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, berharap visitasi lapangan oleh asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk akreditasi program studi (prodi) bisa mendapat nilai A, sebagai salah satu bentuk peningkatan mutu dan kualitas serta daya saing lembaga.

"Tahun 2020 ini ada empat program studi yang divisitasi lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dan empat prodi lainnya diperpanjang oleh BAN-PT," ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Dr Abidin Djafar di Palu, Senin.

Abidin Djafar menguraikan empat program studi yang divisitasi di tahun 2020 yakni Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) untuk strata satu pada Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK). Kemudian Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk strata dua pada Pascasarjana. Berikutnya, Prodi Aqidah Filsafat (AFI) dan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) untuk strata satu pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD).

Dari empat prodi tersebut, kata dia, dua prodi telah mendapat nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yakni Prodi PBA strata satu FTIK dan Prodi PAI pada strata dua Pascasarjana. Sementara Prodi AFI masih menunggu nilai dari BAN-PT dan Prodi KPI baru divitasi oleh BAN-PT.

Menurut Abidin, visitasi lapangan lebih memungkinkan atau lebih memberi peluang bagi IAIN Palu untuk memperbaiki nilai akreditasi dari B ke A, ketimbang perpanjangan nilai akreditasi.

"Saya melihat kalau visitasi lapangan, kita lebih memiliki peluang untuk berubah nilai akreditasi menjadi A, ketimbang perpanjangan nilai akreditasi. Karena itu, saya lebih senang bila visitasi langsung," ungkap dia.

"Tentu kita berharap semua prodi yang divisitasi lapangan oleh BAN-PT mendapat nilai A semua," ujarnya.

Abidin mengutarakan IAIN Palu terus berbenah dari sisi kelembagaan dan mutu akademik, dengan menyiapkan segala data dan administrasi yang baik untuk pemenuhan borang akreditasi, dalam rangka memperbaiki nillai-nilai akreditasi dari B menjadi A.
 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar