Pertamina pastikan ketersediaan BBM dan elpiji libur Natal-Tahun Baru 2021

id Pertamina, MOR VII, bbm, elpiji avtur, sulteng

Pertamina pastikan ketersediaan BBM dan elpiji libur Natal-Tahun Baru 2021

Salah satu mobil tangki engangkut BBM disalah satu Fuel Pertamina, di Sulawesi Selatan. ANTARA/HO/Pertamina MOR VII

Palu (ANTARA) -
PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan Bahan Bakar Umum (BBM) dan elpiji serta avtur saat momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 terpenuhi.


 


Executive General Manager Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut saat konferensi pers melalui virtual, Selasa mengatakan Pertamina secara korporasi telah membentuk satuan tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) sejak 7 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021 untuk memastikan ketersediaan energi di seluruh Lembaga Penyalur Pertamina atau SPBU, agen elpiji, Pangkalan dan lembaga penyalur lainnya di tanah air menghadapi momen libur Pilkada hingga Natal dan Tahun Baru.


 


"Kami telah melakukan proyeksi guna mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan elpiji, atas dasar proyeksi itu kami menambah pasokan BBM selama masa Satgas tersebut sebesar 5 persen. Kemudian penambahan pasokan lebih dari 2 juta tabung ukuran 3 kilogram se-Sulawesi atau sekitar 4 persen," ungkap Rama.


 


Dari keterangan persnya, GM Pertamina MOR VII menjelaskan, khusus konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat udara pada periode Satgas diperkirakan naik sebesar 9,4 persen dibandingkan konsumsi normal harian November 2020. 


 


Dimana, potensi arus mudik menggunakan moda transportasi udara diprediksi akan tinggi di tengah masa libur Natal dan Tahun Baru.


 


Dikemukakannya, titik-titik konsentrasi masyarakat selama momen libur ke depan seperti tempat wisata dan tujuan perayaan natal dan tahun baru di Sulawesi juga telah dikoordinasikan dengan Pemerintah dan Polri untuk diantisipasi. 


 


Sehingga, selain menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata, Pertamina pun memperkuat pelayanan penyaluran BBM menyiagakan satu unit Mobile Dispenser di Makassar, Sulawesi Selatan, lalu tujuh titik SPBU Kantong di Toraja dan menyiagakan Pertamina Delivery Service (PDS) sebanyak 22 titik yang tersebar di Sulawesi yang dapat diakses melalui Call Center 135.


 


"Potensi cuaca buruk serta bencana longsor dan banjir juga telah kami perhitungkan dan antisipasi. Skenario suplai alternatif dan darurat baik via darat dan laut telah kami siagakan untuk dilakukan," ujar Rama.


 


Sebelum mudik dan berlibur, Pertamina menghimbau masyarakat agar mengecek kesiapan kendaraan, salah satunya dengan mengisi bahan bakar kendaraan dalam keadaan penuh dan mengganti pelumas kendaraan.


 


"Karena saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19, maka pelayanan di SPBU harus sesuai standar protokol kesehatan dan masyarakat sebagai konsumen juga patuh terhadap imbauan pemerintah," demikian Rama.
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar