Sekolah di Palu bantu guru dan peserta didik korban gempa di Sulbar

id Sulteng,Palu,Sulbar,Mamuju,Majene,Sandi

Sekolah di Palu  bantu guru dan peserta didik korban gempa di Sulbar

Sejumlah staf Disdikbud Kota Palu mengemas bantuan dari sekolah-sekolah di Kota Palu di Kantor Disdikbud Palu, Selasa (19/1) untuk dikirimkan kepada para tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta didik dan orang tua peserta didik korban gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene Provinsi Sulbar. (ANTARA/Ansyar Sutiadi)

Palu (ANTARA) - Sekolah-sekolah di Kota Palu bahu membahu memberikan bantuan untuk tenaga pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik yang menjadi korban gempa di Mamuju dan Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

"Bantuan tersebut merupakan balasan dari warga sekolah di Kota Palu atas bantuan yang pernah diberikan pihak sekolah, peserta didik, tenaga kependidikan dan orang tua peserta didik di Sulbar kepada kami saat bencana 2018 menimpa Palu," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Palu Ansyar Sutiadi di Palu, Selasa.

Ia menerangkan bantuan tersebut juga merupakan ungkapan keprihatinan dan bentuk kepedulian insan pendidikan di Palu kepada insan pendidikan terdampak gempa di dua kabupaten itu.

Bantuan yang diberikan dan disalurkan Disdikbud Palu pada Rabu ( 20/1) besok di antaranya tujuh ton beras, ribuan dos mi instan, air mineral dan berbagai sembilan bahan pokok (sembako) lainnya.

"Total bantuan yang terkumpul ada tujuh truk. Bantuan akan dibawa bersama bantuan lainnya yang dibawa oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palu. Bantuan ini akan disalurkan ke posko-posko pendidikan di Kabupaten Mamuju dan Majene,"ujarnya.

Ansyar menerangkan bantuan itu sebagian dikemas menjadi paket sembako dan sebagian tidak agar dapat digabungkan dengan bantuan sekolah-sekolah dari berbagai daerah di Indonesia.

"Bantuan ini diperuntukkan bagi tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta dan orang peserta didik terdampak gempa. Kami berharap bantuan tersebut bermanfaat bagi mereka dan ini juga sebagai tanda bahwa kami tidak melupakan mereka," ujarnya.

Ansyar menambahkan bantuan itu dikumpulkan atas instruksi Disdikbud Palu kepada seluruh sekolah mulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) sederajat dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat sejak pekan lalu hingga hari ini.

Selain mengirimkan bantuan sembako dan bahan-bahan pokok lainnya, Ansyar mengatakan Disdikbud Palu juga menerjunkan relawan untuk membantu penanganan pascabencana Sulbar di sektor pendidikan.