KKSS Australia galang donasi untuk korban gempa Sulbar

id KKSS Australia, gempa Sulbar, korban gempa Sulbar

KKSS Australia galang donasi untuk korban gempa Sulbar

Perwakilan KKSS di Australia saat menyerahkan bantuan sembako bagi pengungsi atau korban gempa di Sulawesi Barat. ANTARA Foto/HO-Dok.Pribadi

Makassar (ANTARA) - Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Sydney, New South Wales, Australia, ikut menggalang donasi untuk para korban gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Ketua KKSS Sydney Firdaus Muis dalam keterangan tertulis yang diterima di Makassar, Kamis, menyampaikan bantuan yang berhasil dihimpun berupa sembako untuk penyediaan nasi bungkus di Malunda dan Mamuju.

Baca juga: Pemkab Parigi Moutong masih buka donasi bantuan korban gempa Sulbar

Ada pula pembagian dana tunai kepada anggota keluarga yang terkena musibah. Sebagian sumbangan juga diberikan kepada keluarga korban yang meninggal dunia sebagai bentuk duka cita.

"Apa yang dirasakan oleh warga di Sulawesi Barat, juga dirasakan oleh warga KKSS Sydney di Australia," ujar Firdaus.

Musibah yang terjadi di Provinsi Sulbar pekan lalu, kata Furdaus, mendapat perhatian luas dari Diaspora Indonesia di luar negeri, termasuk yang ada di Sydney dan Wollonggong, Negara Bagian New South Wales, Australia.

Selain mendapatkan informasi dari media sosial, berita gempa bumi tersebut juga disiarkan oleh beberapa media lokal Australia.

Baca juga: Evakuasi kantor Gubernur Sulbar terus berlangsung

Menurut Firdaus, warga KKSS Sydney senantiasa memberikan perhatian terhadap musibah yang dialami Indonesia.

Sebelumnya KKSS juga telah menggalang bantuan terhadap musibah banjir yang terjadi di Luwu Utara, Sulawesi Selatan serta warga terdampak COVID-19 di Makassar beberapa waktu lalu.

Sekretaris KKSS Sydney Muhammad Masnawi Nur mengatakan donasi yang terkumpul juga diperoleh dari dana kas organissasi dengan harapan bantuan dana yang telah dikirim dapat memberikan keringanan dan manfaat kepada keluarga korban.