Unhas salurkan satu ton olahan ayam palekko dan telur ke Sulbar

id Unhas 1 ton ayam palekko sulbar

Unhas salurkan satu ton olahan ayam palekko dan telur ke Sulbar

Relawan Unhas mengemas bantuan satu ton ayam palekko untuk korban gempa Sulbar.ANTARA/HO/Humas Unhas

Makassar (ANTARA) - Fakultas Peternakan Unhas bersama PT Charoen Pokphand menyalurkan 1 ton olahan ayam palekko (makanan khas Sulsel) siap konsumsi dan telur kepada warga terdampak bencana gempa di Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Dekan Fakultas Peternakan Unhas Prof Dr Lellah Rahim MSc di Makassar, Jumat, menjelaskan Charoen Pokphand pada bantuan tahap dua mendonasikan 564 ekor ayam yang kemudian diolah dan siap konsumsi.

Sementara itu, pihak Fakultas Peternakan sendiri menyalurkan 795 kg telur atau 430 rak telur segar yang bersumber dari bantuan sivitas akademika.

"Alhamdullah ini bantuan tahap kedua, kami tidak hanya menyalurkan ayam dan telur, tapi ada juga bantuan logistik lainnya dari dharma wanita Fakultas Peternakan seperti selimut dan perlengkapan bayi," katanya.

Prof Lellah menjelaskan bantuan kali ini pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat guna membantu proses pendistribusian.

Rencananya, bantuan akan diberikan ke beberapa daerah berbeda dari sebelumnya, utamanya daerah-daerah terpencil yang mungkin kekurangan bahan makanan.

"Untuk bantuan telur tidak kami olah, supaya masyarakat bisa mengolahnya sendiri sesuai keinginan mereka," ujarnya saat melepas bantuan ke Sulbar.

"Telur tersebut kami beli dari mitra dengan sumber dana dari donasi sivitas akademika Peternakan, karena untuk sekarang kami tidak produksi," sambung Prof Lellah.

Sampai saat ini, Fakultas Peternakan Unhas tetap memantau lokasi pasca bencana.

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi masyarakat untuk selanjutnya menyalurkan bantuan yang diperlukan dengan berkolaborasi dengan berbagai mitra.