KPU tetapkan Rusdi-Ma'mun paslon gubernur-wagub Sulteng terpilih

id Rusdi Mastura,Ma'mun Amir,NasDem,KPU Sulteng,NasDem Sulteng

KPU tetapkan Rusdi-Ma'mun paslon gubernur-wagub Sulteng terpilih

Ketua KPU Provinsi Sulteng Tanwir Lamaming (kiri) menyerahkan SK penetapan pasangan calon terpilih kepada Rusdi Mastura (tengah) dalam Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng di Palu, Jumat (22-1-2021). ANTARA/HO-NasDem

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah menetapkan pasangan calon nomor urut 02 Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir sebagai paslon terpilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng  2020.

Pemilihan Gubernur dan Wagub Sulteng diikuti pasangan calon nomor urut 01 Moh Hidayat Lamakarate-Bartholemeus Tandigala dan paslon nomor urut 02 Rusdi Mastura-Ma'mun Amir.

Berdasarkan data KPU Provinsi Sulteng paslon nomor 02 memperoleh 891.334 suara, sedangkan paslon nomor urut 01 meraih 604.033 suara.

Data KPU setempat menyebutkan jumlah suara sah 1.495.367 suara dan suara tidak sah 30.204 suara. Jumlah seluruh pengguna hak pilih sebanyak 1.525.571 orang terdiri atas pengguna hak pilih dalam DPT, DPPh yang menggunakan hak pilih, dan pemilih yang menggunakan KTP atau surat keterangan.

Rusdi Mastura ditemui usai pleno penetapan calon terpilih mengemukakan bahwa pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik.

"Tidak ada hambatan dan tidak ada gugatan walaupun keras awalnya dalam pertarungan antarpaslon, pada akhirnya baik," ucap Rusdi Mastura.

Rusdi Mastura mengatakan bahwa Pilkada 2020 berjalan sangat dinamis, didukung dengan sportivitas yang tinggi.

"Kami puas dengan perolehan hasil sekaligus memenangi pilkada kali ini," katanya.

Ia menambahkan bahwa kerja-kerja keras tim pasangan calon nomor urut 02 membuahkan hasil yang sangat baik karena hampir di semua kabupaten dan kota di Sulteng Rusdi Mastura dan Ma'mun menang.

"Seperti Kabupaten Parigi Moutong, yang awalnya kami prediksi akan imbang, ternyata kami menang jauh di sana. Begitu juga di Palu, Sigi, dan daerah lainnya di Sulteng," katanya.

Rusdi berjanji setelah menjadi gubernur, akan memprioritaskan pemulihan masyarakat penyintas pascabencana gempa, tsunami, dan likuefaksi.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar