KASAD apresiasi laporan penanggulangan bencana oleh Pangdam XIII/Merdeka

id banjir manado

KASAD apresiasi laporan penanggulangan bencana oleh Pangdam XIII/Merdeka

Video Conference Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos G Matondang, (ANTARA/Pendam XIII Merdeka) (1)

Apresiasi diberikan KASAD atas pencapaian Kodam XIII/Merdeka dalam penanggulangan bencana alam di Kota Manado
Manado (ANTARA) - Penanggulangan dan pemulihan pascabencana yang dilaporkan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang mendapatkan apresiasi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi video di Ruang Yudha Kodam XIII/Merdeka, Manado, Sabtu (23/1).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XIII/Merdeka Kolonel Kav M. Jaelani mengatakan pergerakan personel dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kota Manado beserta hasilnya yang dilaporkan Pangdam XIII/Merdeka mendapatkan apresiasi dari KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Apresiasi diberikan KASAD atas pencapaian Kodam XIII/Merdeka dalam penanggulangan bencana alam di Kota Manado," katanya.

Ia menjelaskan bahwa yang menjadi apresiasi KASAD atas upaya Kodam XIII/Merdeka dalam menanggulangi bencana alam, yaitu upaya-upaya kodam dalam memulihkan situasi pascabencana alam, di antaranya pembersihan rumah warga, pembersihan jalan, pendataan warga, pengevakuasian warga, dan pendistribusian logistik.

"Adapun yang menjadi apresiasi KASAD terhadap Kodam XIII/Merdeka yaitu tanggapnya Pangdam XIII/Merdeka dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi di Kota Manado," katanya.

Pada konferensi video tersebut, Pangdam Santos G. Matondang didamping beberapa pejabat Kodam XIII/Merdeka, di antaranya Kasdam Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, para asisten dan kabalak Kodam XIII/Merdeka serta Dandim 1309/Manado.

Pada Jumat (22/1), Kota Manado dan sekitarnya terjadi curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan sejumlah wilayah banjir dan terjadi tanah longsor.