Pemkab Sigi mulai susun rencana kontigensi penanggulangan banjir

id pemkab sigi,bupati sigi,mohammad irwan lapatta,banjir sigi,bencana alam sigi,bencana sigi,rencana kontijensi

Pemkab Sigi  mulai susun rencana kontigensi penanggulangan banjir

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta. ANTARA/HO-Ardi

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah mulai menyusun rencana kontijensi penanggulangan banjir, sebagai upaya pengurangan risiko bencana.

"Dari ruang-ruang seperti worshop ini harapannya ini harus tetap berjalan," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Selasa, usai membuka workshop/lokakarya penyusunan rencana kontijensi penanggulangan banjir.

Penyusunan dokumen kontijensi penanggulangan banjir untuk pengurangan risiko bencana didukung oleh ADRA Indoneisa Sulawesi Tengah.

Bupati Mohammad Irwan berharap penyusunan dokumen rencana kontijensi untuk penanggulangan banjir berjalan dengan baik, menghasilkan dokumen yang bisa menjadi pedoman dalam minimalisir bencana banjir.

Selain itu, Mohammad Irwan juga berharap agar rencana kontijensi yang didalamnya termasuk mekanisme penanggulangan dan membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana, bisa disosialisasikan kepada warga di daerah-daerah rentan bencana alam banjir dan longsor.

"Sosialisasi kepada masyarakat harus dilakukan, diikutkan dengan penguatan-penguatan kelembagaan hingga di tingkat desa seperti forum pengurangan risiko bencana yang ada di tingkat desa," sebut Bupati.

Hal itu, ujar Bupati perlu juga didukung dengan koordinasi antarpimpinan seperti camat dan kepala desa, untuk melakukan penguatan-penguatan kelembagaan dalam pengurangan risiko bencana.

"Koordinasi ini penting agar, pengurangan risiko bencana perlu diikutkan dengan penguatan kelembagaan, yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat secara maksimal yang tentu harus diintervensi oleh pemerintah," ujarnya.

Bupati mengeapresiasi pihak-pihak yang telah terlibat dalam upaya pengurangan risiko bencana alam berupa banjir, longsor dan sebagainya di Kabupaten Sigi.

"Karena penanggulangan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, merupakan tanggung jawab kita semua, tanggung jawab semua pihak termasuk dalam melestarikan lingkungan," sebut Bupati.