Tol Manado-Bitung ditargetkan beroperasi penuh 2021

id Tol Manado Bitung

Tol Manado-Bitung ditargetkan beroperasi penuh 2021

Sektretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono (1)

Pembangunannya masih berlangsung khususnya pengerjaan lanjutan yang ke arah Bitung
Manado (ANTARA) - Sektretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono mengatakan, tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara, ditargetkan beroperasi penuh pada tahun 2021.

"Pembangunannya masih berlangsung khususnya pengerjaan lanjutan yang ke arah Bitung," sebut Triono di Manado, Jumat.

Progres pembangan tol terpanjang di Sulawesi itu, kata dia, terus dikoordinasikan dengan PT Jasamarga Manado-Bitung sebagai pelaksanaan proyek.

"Targetnya operasional penuh pada tahun ini, karena prinsipnya tidak ada lagi kendala berarti. Seperti menyelesaikan pembebasan lahannya, secara paralel konstruksinya juga terus dilakukan," sebutnya.

Pria berkaca mata yang juga sebelumnya pernah menangani pembangunan tol Manado-Bitung saat menjabat Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulut itu menambahkan, kehadiran tol sepanjang 39,9 kilometer itu akan memberikan manfaat jamak untuk Sulut.

Di antaranya pembukaan akses permukiman, jasa perdagangan, pariwisata, kawasan industri dan manfaat lanjutan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Tentu diharapkan penyelesaian pembanguan tol ini sesuai target, tahun ini bisa dioperasionalkan," ujarnya.

Salah satu langkah adalah dengan melakukan percepatan pembangunannya karena beberapa waktu lalu melambat akibat musim hujan dan personel lapangan terkena COVID-19.

"PT Jasamarga terus bekerja maksimal, tetap semangat sehingga pembangunan tol ini berjalan terus," harap Triono.