Pemkab Donggala ajak HIPMI bersama-sama bangun kesejahteraan warga

id kasman lassa,hipmi donggala,bupati donggala,pemkab donggala,donggala

Pemkab Donggala ajak HIPMI bersama-sama bangun kesejahteraan warga

Bupati Donggala Kasman Lassa (ANTARA/HO-Ala)

Fokus kita adalah membangun kemandirian masyarakat, masyarakat Donggala harus mandiri
Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kasman Lassa mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di daerah tersebut untuk bersama-sama membangun kesejahteraan masyarakat lewat kemandirian ekonomi warga.

"Fokus kita adalah membangun kemandirian masyarakat, masyarakat Donggala harus mandiri," ucap Bupati Kasman Lassa, di Donggala, Senin.

Bupati Kasman Lassa mengemukakan untuk membangun kemandirian warga perlu diikutkan dalam program pemberdayaan dengan melatih keterampilan mereka.

Pemkab Donggala, sebut Kasman Lassa, sebelumnya telah mengirim 1.000 lebih perempuan di daerah itu ke Masamba untuk mengikuti pelatihan pengelolaan barang menjadi bernilai ekonomis.

Dalam pelatihan itu, urai Kasman Lassa, perempuan-perempuan yang mayoritas adalah ibu rumah tangga juga diperkenalkan menggunakan teknologi dalam mengolah barang menjadi bernilai ekonomis.

Saat ini, kata dia, mereka yang telah belajar di Masamba telah dapat mengembangkan industri rumahan membuat produk menjadi barang bernilai ekonomis.

"Mereka membuat keripik pisang, kelor, dan sebagainya, mereka sudah punya keterampilan sendiri dalam usaha rumahan," sebutnya.

Hanya saja, sebut dia, Pemkab Donggala terkendala pemasaran produk-produk industri rumahan tersebut.

"Karena itu butuh keterlibatan para pihak, termasuk pengusaha-pengusaha muda yang ada di HIPMI Donggala untuk membantu membuka pasar," sebutnya.

Bupati berharap HIPMI Donggala bisa terlibat dan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah, utamanya membangun kemandirian ekonomi warga agar keluar dari kemiskinan.

"Karena membangun daerah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah semata, tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak yang ada di Donggala," katanya.