DPRD segera usulkan calon gubernur-wagub Sulteng terpilih ke Presiden

id dprd sulteng,rusdi mastura ma'mun amir,paripurna dprd sulteng,nilam sari lawira

DPRD segera usulkan calon gubernur-wagub Sulteng terpilih  ke Presiden

Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira menandatangani berita acara pengumuman penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng terpilih, disaksikan oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan wakil-wakil ketua DPRD Sulteng, pada rapat paripurna pengumuman penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng terpilih hasil pilkada 2020, di Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) segera mengusulkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng terpilih pilkada 2020, Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir untuk dilantik oleh Presiden RI.

"DPRD Provinsi Sulteng akan mengusulkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri," ucap Ketua DPRD Provinsi Sulteng Nilam Sari Lawira dalam rapat paripurna pengumuman penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng terpilih hasil pilkada 2020, di Palu, Senin.

DPRD Provinsi Sulteng melaksanakan paripurna pengumuman penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih itu, dan selanjutnya diusulkan kepada Presiden mengacu pada pasal 160 ayat 1 UU nomor 8 tahun 2015 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota, menyatakan bahwa pengesahan, pengangkatan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU provinsi yang disampaikan oleh DPRD Provinsi kepada presiden melalui menteri.

Rapat paripurna pengumuman penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng terpilih hasil pilkada 2020 dipimpin oleh Nilam Sari Lawira dihadiri oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan anggota forum komunikasi pimpinan daerah setempat, serta seluruh anggota DPRD Sulteng.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah telah menetapkan pasangan calon nomor urut 02 Rusdi Masturan dan Ma'mun Amir sebagai paslon terpilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng  2020, pada tanggal 22 Januari 2021 di Palu.

Pemilihan Gubernur dan Wagub Sulteng diikuti pasangan calon nomor urut 01 Moh Hidayat Lamakarate-Bartholemeus Tandigala dan paslon nomor urut 02 Rusdi Mastura-Ma'mun Amir.

Berdasarkan data KPU Provinsi Sulteng paslon nomor 02 memperoleh 891.334 suara, sedangkan paslon nomor urut 01 meraih 604.033 suara.

Data KPU setempat menyebutkan jumlah suara sah 1.495.367 suara dan suara tidak sah 30.204 suara. Jumlah seluruh pengguna hak pilih sebanyak 1.525.571 orang terdiri atas pengguna hak pilih dalam DPT, DPPh yang menggunakan hak pilih, dan pemilih yang menggunakan KTP atau surat keterangan.
Rapat paripurna pengumuman penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng terpilih hasil pilkada 2020 dipimpin oleh Dr Nilam Sari Lawira dihadiri oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Kapolda Sulteng dan Danrem 132 Tadulako serta seluruh anggota DPRD dan forum komunikasi pimpinan daerah setempat, di Palu, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

  
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar