Sepak Bola - PSSI Dukung Bio Paulin Proses Naturalisasi

id pssi, johar

Sepak Bola - PSSI Dukung Bio Paulin Proses Naturalisasi

ilustrasi PSSI (FOTO ANTARA News)

Jayapura,(antarasulteng.com)- Ketua umum PSSI Pusat Djohar Arifin menyatakan mendukung langkah pemain bertahan Persipura Jayapura Bio Paulin Pierre yang ingin menjalani proses naturlisasi menjadi warga negara Indonesia.

"Kita tidak bisa melarang seseorang jadi warga mengara Indonesia. Itu hak seseorang walupaun dia bukan pemain bola, apalagi dia (Bio) pemain bola tentu PSSI sangat mendukung," kata Djohar Arifin saat berada di Kota Jayapura, Papua, Jumat malam.

Menurut dia, apa pun yang dibutuhkan oleh Bio untuk menjadi WNI akan dibantu. "Semua yang diperlukan kita dukung, kan tingggal di Komisi II DPR RI baru ke presiden, tinggal satu langkah lagi. Jadi sampai saat ini tidak ada masalah," katanya.

Djohar menegaskan tidak ada yang dirugikan jika Bio menjadi WNI, malah keuntungan yang akan diterima oleh semua pihak, terutama pecinta sepak bola.

"Tidak ada yang dirugikan Bio jadi warga Indonesia, jadi kita dukung. Malah ada keuntungannya bagi bangsa ini jika dia jadi warga Negara kita.  Ini kan kesadaran dia (Bio) bukan Persipura yang minta," kata Djohar.

Sebelumnya, Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano, pada Rabu (11/2) mengatakan proses naturalisasi atau pindah kewarganegaraan pemain bertahan tim Persipura Jayapura Bio Paulin Pierre tinggal menunggu waktu, setelah manajemen tim Mutiara Hitam membantu melengkapi berkas persyaratannya.

"Surat pengajuan pindah kewarganegaraan Bio sudah di Komisi II DPR RI, dan tinggal menunggu waktu," katanya.

Ia mengemukakan setelah proses di Komisi II DPR RI selesai dan mendapat persetujuan selanjutnya diajukan ke presiden untuk ditandangani berkas persyaratan pemain asal Kamerun itu. "Setelah dapat tanda tangan dari presiden, maka Bio sudah bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya," kata Benhur Tommy Mano yang akrab disapa BTM.(Bk03/)