DPRD Sigi : Pemkab harus yakinkan masyarakat atas keamanan vaksin

id dprd sigi,rahmat saleh,wakil ketua satu dprd sigi,pemkab sigi,pelaksanaan vaksinasi,vaksin covid

DPRD Sigi :  Pemkab harus yakinkan masyarakat atas keamanan vaksin

Wakil Ketua I DPRD Sigi Rahmat Saleh (ANTARA/HO-Istimewa)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah meminta pemerintah daerah setempat agar meyakinkan kepada masyarakat mengenai keamanan vaksin COVID-19.

"Hal ini harus diatasi, secara persuasif, melalui kegiatan promosi dan sosialisasi diikutkan dengan edukasi kepada masyarakat," kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sigi Rahmat Saleh, di Sigi, Kamis.

Rahmat Saleh mendukung pelaksanaan vaksinasi yang ditandai dengan pencanangan pelaksanaan vaksinasi untuk menekan penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Atas pelaksanaan vaksinasi itu, Rahmat Saleh menilai bahwa hal itu menandakan bahwa Kabupaten Sigi telah berkontribusi dan mengintegrasikan program dalam pembangunan kekebalan tubuh secara kolektif.

"Ini artinya Sigi juga sudah terintegrasi dalam upaya pembangunan kekebalan kolektif, yang diyakini sebagai cara efektif untuk menanggulangi penyebaran COVID-19," ungkap Rahmat Saleh.

Namun, sebut Rahmat Saleh, ada tantangan yang dihadapi oleh Pemkab Sigi dalam pelaksanaan vaksinasi, yaitu berupa disinformasi.

"Tantangan dalam vaksinasi ini adalah disinformasi. Jika kita memperhatikan berbagai informasi yang beredar di kanal media sosial, proporsi pemberitaan negatif tentang vaksin begitu dominan, yang kemudian menjadi penyebab terbentuknya pemahaman masyarakat yang keliru terhadap vaksin. Sehingga memunculkan resistensi di masyarakat," kata Rahmat Saleh.

Ia mengutarakan masyarakat Sigi adalah masyarakat rasional, sehingga dengan penjelasan yang logis yang didasarkan pada perspektif ke ilmuwan, terlebih jika disampaikan oleh pihak yang berkompeten maka masyarakat akan menerima dengan antusias dan mendukung pelaksanaan vaksinasi ini.

Pemerintah Kabupaten Sigi telah memulai pelaksanaan vaksinasi ditandai dengan pencanangan pelaksanaan vaksinasi pencegahan COVID-19 pada Rabu 3/2/2021.

Di Kabupaten Sigi, forum komunikasi pimpinan daerah dan tenaga kesehatan atau tenaga medis menjadi prioritas utama yang divaksin.

Berkaitan dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Sigi Roland Franklin mengemukakan bahwa jumlah tenaga medis yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 1.120 orang.

"Untuk data tenaga medis yang sudah divaksin, bisa diakses sore hari, karena masih menunggu proses vaksinasi sedang berlangsung," ujarnya.

Roland Franklin mengatakan jumlah dosis vaksin sinovac yang tersedia di Kabupaten Sigi sebanyak 2.240 dosis.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir mengikuti pelaksanaan vaksinasi pencegahan COVID-19, berlangsung di Aula Kantor Bupati Sigi, Rabu. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)