Pengadilan Tolak Gugatan Golkar Kubu Aburizal Bakrie

id golkar

Pengadilan Tolak Gugatan Golkar Kubu Aburizal Bakrie

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (tengah) berbincang dengan sejumlah kader usai menutup Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-IV Partai Golkar, di Jakarta, Selasa (30/10). (FOTO ANTARA/ Wahyu Putro A)

Gugatan penggugat tidak dapat diterima
Jakarta (antarasulteng.com) - Pengadilan Negeri Jakarta Barat memutuskan menolak permohonan gugatan kubu Aburizal Bakrie tentang penyelesaian dualisme kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar.

"Gugatan penggugat tidak dapat diterima," kata Ketua Majelis Hakim Oloan Harianja saat membacakan putusan sela di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa.

Hakim Oloan juga memutuskan menerima eksepsi tergugat pertama tentang kewenangan Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk mengadili sengketa itu dan mewajibkan penggugat membayar biaya perkara Rp1.216.000.

Dalam pertimbangannya Majelis Hakim merujuk pada Pasal 32 Undang-Undang tentang Partai Politik yang menyebutkan bahwa perselisihan internal partai politik (parpol) diselesaikan secara internal sebelum ke pengadilan.

"Menimbang perselisihan parpol diselesaikan di mahkamah partai sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Penyelesaian internal itu dilakukan oleh suatu mahkamah partai atau yang dibentuk partai," ujarnya.

Apabila perselisihan tidak bisa diselesaikan internal partai politik, ia menjelaskan, maka sesuai Pasal 33 Undang-Undang tentang Partai Poliri upaya penyelesaian bisa ditempuh lewat jalur Pengadilan Negeri (PN).

"PN adalah pertama dan terakhir dan dapat dikasasi. Diselesaikan oleh PN paling lambat 60 hari dan MA (Mahkamah Agung) 30 hari," kata Oloan. (skd)