Rektor minta dosen muda IAIN Palu rutin menulis jurnal

id REKTOR IAIN Palu,prof sagaf s pettalongi mpd,iain palu,dosen iain palu

Rektor minta dosen muda IAIN Palu rutin menulis jurnal

Rektor IAIN Palu Prof Dr H sagaf S Pettalongi MPd melantik dan mengambil sumpah 26 ASN di lingkungan kampus tersebut dalam ajabatan akademik dosen. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd meminta dosen-dosen muda di lingkungan kampus tersebut yang berstatus PNS agar rutin menulis di jurnal.

"Saya harap dosen yang masih muda-muda ini, harus tetap mengejar prestasi, salah satunya dengan terus menulis di jurnal," ucap Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Kamis.

Menulis di jurnal, kata Prof Sagaf menjadi satu tuntutan terhadap dosen yang harus dipenuhi, namun diawali dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain sebagai tugas, kata Guru Besar Managemen Pendidikan itu, menulis di jurnal juga sebagai bentuk upaya mengejar prestasi.

Hal itu karena dosen dituntut untuk mengumpulkan angka kredit, sehingga bisa naik pangkat dan golongan fungsionalnya dalam jenjang karir akademik.

"Untuk mencapai angka kredit itu maka dosen harus menulis, melakukan penelitian atau riset, baik secara kelompok atau individu, kemudian hasil riset dipublikasi di jurnal yang diakui," ujarnya.

"Semakin banyak menulis, semakin banyak hasil risetnya, dan semakin banyak yang terpublikasi di jurnal, maka akan semakin banyak angka kreditnya," ujarnya.

Selain mengejar prestasi, Prof Sagaf juga menghimbau kepada dosen-dosen muda di IAIN Palu agar bangga dengan profesi dosen.

"Jadi harus bangga menjadi dosen. Apalagi pemerintah telah banyak memberikan penghargaan kepada dosen," kata Prof Sagaf.

Kebangga itu harus diikutkan dengan semangat untuk menjalankan amanah tri darma perguruan tinggi.

Ia juga memotivasi dosen muda agar terus menimba ilmu atau melanjutkan sekolah ke tingkat strata tiga, agar bisa mencapai guru besar.

Prof Sagaf Pettalongi melantik dan mengambil sumpah 26 ASN di lingkungan IAIN Palu dalam jabatan akademik dosen. Pelantikan dan pengambilan sumpah 26 ASN itu didasari atas Keputusan Rektor IAIN Palu Nomor 540 sampai dengan 565/In.13/Kp.07.6/12/2020 tentang pengangkatan dalam jabatan akademik dosen.*
Rektor IAIN Palu Prof Dr H sagaf S Pettalongi MPd menyerahkan SK kepada salah satu ASN yang dilantik dan diambil sumpahnya dalam ajabatan akademik dosen. (ANTARA/Muhammad Hajiji)