Kemendikbud dorong kampus ubah pola pendidikan untuk hadapi Era Society 5.0

id Kemendikbud,Society 5.0,Perguruan tinggi,kampus ubah pola pendidikan,ubah pola pendidikan hadapi Era Society 5.0,Kemendi

Kemendikbud dorong kampus ubah pola pendidikan untuk hadapi Era Society 5.0

Dirjen Dikti Kemendikbud Prof Nizam saat Talkshow Kampus Merdeka Menyongsong Society 5.0 dalam peringatan HPTT ke-75 yang digelar Fakultas Teknik UGM secara daring, Kamis. (ANTARA/HO/UGM)

Kompetensi lama tidak lagi dibutuhkan karena pekerjaannya banyak yang hilang
Yogyakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendorong perguruan tinggi mengubah pola pendidikan era revolusi industri 3.0 dengan kompetensi yang sangat baku menuju industri baru yang tengah berkembang menyongsong Era Society 5.0.

"Kompetensi lama tidak lagi dibutuhkan karena pekerjaannya banyak yang hilang," kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Prof. Nizam dalam Talkshow Kampus Merdeka Menyongsong Society 5.0 dalam peringatan HPTT ke-75 yang digelar Fakultas Teknik UGM secara daring, Kamis.

Menurut Nizam, perombakan pola pendidikan diperlukan karena dunia pendidikan tinggi saat ini menghadapi tantangan yang cukup kompleks dengan kondisi dunia yang berubah cepat dan non linear serta penuh ketidakpastian.

Merujuk prediksi McKinsey, ia menyatakan sekitar 23 juta pekerjaan diperkirakan akan diambil alih oleh robot atau otomasi pada 2030.

Angka tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah lulusan yang dihasilkan perguruan tinggi di Indonesia dalam 10 tahun.

"Setiap tahunnya hanya meluluskan 1,7-1,8 juta mahasiswa dan ini jadi tanangan bsar bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk menyiapkan kompetensi untuk suatu pekerjaan yang belum ada saat ini," kata Nizam.

Oleh karena itu, ia meminta perguruan tinggi benar-benar mempersiapkan kompetensi mahasiswanya menjadi pembelajar sejati-sepanjang hayat. Alasannya, dunia cepat berubah sehingga tidak ada pilihan lain kecuali selalu belajar, beradaptasi, serta berinovasi.

Ia berharap pada era revolusi industri 4.0 saat ini perguruan tinggi melakukan berbagai terobosan dan lompatan sehingga kampus bisa melahirkan para milenial yang siap membangun Indonesia menuju Society 5.0 sehingga maju, jaya, dan sejahtera.

Menurut Nizam, perguruan tinggi yang mampu keluar dari pola pembelajaran yang sangat kaku menuju pembelajaran yang lebih dinamis dan fleskibel memungkinkan mahasiswanya untuk belajar dari berbagai sumber.

"Berbagai sumber tidak hanya di kelas, laboratorium dan perpustakaan tapi memberi kesempatan mahasiswa belajar di kampus kehidupan yang sesungguhnya," kata dia.