Gubernur Sulteng: Tidak ada pelantikan bupati/wabup definitif 17 Februari

id Pilkada Morut,Gubernur Sulteng,Morut,Delis-Djira,Kolonodale

Gubernur Sulteng: Tidak ada pelantikan bupati/wabup definitif 17 Februari

Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi. (ANTARA/Moh Ridwan)

Datu Pamusu: Sampai hari ini belum ada Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri mengenai penetapan Bupati/Wabub definitif hasil Pilkada 2020.
Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi menegaskan tidak ada pelantikan bupati definitif hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020 di daerah ini pada 17 Februari 2021 nanti.

"Yang pasti tanggal 17 Februari 2021 nanti ada pelaksana tugas bupati di daerah-daerah yang ikut Pilkada 9 Desember 2020, kecuali Kabupaten Banggai," ujar Gubernur Longki yang dihubungi melalui telepon genggam di Palu, Senin.

Ketika ditanya siapa-siapa yang akan bertugas sebagai pelaksana tugas di setiap kabupaten tersebut, Longki enggan membukanya kepada publik.

Baca juga: KPU Morut tetapkan Delis-Djira peraih suara terbanyak Pilkada 2020

"Tunggu saja, pada saatnya akan ketahuan," ujarnya.

Pilkada 9 Desember 2020 di Sulteng diikuti oleh delapan kabupaten/kota yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Toli-toli, Poso, Tojo Una-una, Morowali Utara, Banggai dan Banggai Laut. 

Dari delapan kabupaten itu, beberapa di antaranya sedang bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) seperti Poso, Tojo Una-una dan Morowali Utara.

Baca juga: KPU, Bawaslu Morut dan Paslon D1A jawab permohonan paslon Handal di Mk

"Namun untuk daerah yang tidak bersengketa pun, sampai hari ini belum ada Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri mengenai penetapan Bupati/Wabub definitif hasil Pilkada 2020," kata Datu Pamusu, Kepala Biro Otonomi Daerah Kantor Gubernur Sulteng yang dihubungi secara terpisah.

Menurut dia, daerah-daerah yang akan dipimpin pelaksana tugas bupati mulai 17 Februari nanti adalah Kota Palu, Kabupaten Sigi, Tolitoli, Poso, Tojo Una-una, Morowali Utara dan banggai Laut.

Baca juga: KPU Morut gelar pemungutan suara ulang di 3 TPS

"Sedangkan Kabupaten Banggai, pelantikan bupatinya nanti bulan Juni 2021 saat masa jabatan bupati/wabub saat ini berakhir," ujar Datu Pamusu yang telah dilantik menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng itu.

Mengenai siapa-siapa yang akan ditugaskan gubernur menjadi pelaksana tugas bupati di enam daerah itu, Datu Pamusu mengatakan masih menunggu arahan gubernur.

Baca juga: Pelantikan pejabat Morut diduga tidak prosedural, Gubernur proses pembatalannya ke Mendagri
 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar