Rusia menengahi kesepakatan pertukaran tahanan Israel-Suriah

id Israel Suriah,pertukaran tahanan Israel-Suriah,Rusia Suriah Israel,perdana menteri israel,benjamin netanyahu,gadis israe

Rusia menengahi kesepakatan pertukaran tahanan Israel-Suriah

Prajurit Israel beristirahat di dekat sebuah gerbang di Dataran Tinggi Golan, Suriah, Senin (3/8/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun/hp/cfo (REUTERS/RONEN ZVULUN)

Yerusalem (ANTARA) - Rusia menengahi kesepakatan untuk pembebasan seorang gadis Israel yang secara tidak sengaja menyeberang ke Suriah, dan ditukar dengan dua warga Suriah yang ditahan oleh Israel, kata media pemerintah Suriah SANA pada Rabu.

Gadis Israel itu menyeberang ke daerah Quneitra di Suriah, di bagian Golan yang dikuasai Suriah, dan ditangkap oleh otoritas Suriah, kata SANA.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak mengomentari laporan kantor berita SANA tentang pertukaran tahanan itu selama wawancara dengan Radio Angkatan Darat Israel.

Namun, Netanyahu mengatakan dia menggunakan koneksinya dengan presiden Rusia untuk menangani "situasi penyelamatan nyawa".

Laporan SANA itu muncul sehari setelah kabinet pemerintah Israel bertemu dalam sesi khusus untuk membahas apa yang disebut oleh para pejabat sebagai masalah kemanusiaan di mana Rusia, yang merupakan sekutu Presiden Suriah Bashar al-Assad, terlibat.

"Saya menggunakan koneksi pribadi saya dengan Presiden (Vladimir) Putin untuk menyelesaikan masalah. Kami berada di tengah kontak sensitif," kata Netanyahu kepada Radio Angkatan Darat Israel.

"Kami bertindak secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk menangani masalah ini, dan saya yakin kami akan menyelesaikannya," ujar Netanyahu.

Kantor berita SANA dalam laporannya juga menyebutkan bahwa dua warga Suriah yang ditahan oleh Israel berasal dari Dataran Tinggi Golan, yakni bagian wilayah yang direbut oleh pasukan Israel dalam perang Timur Tengah 1967.

Namun, pihak layanan penjara Israel tidak menanggapi permintaan komentar.

Setelah SANA menerbitkan laporannya, radio publik Israel -- Kan mengatakan bahwa mediasi Rusia masih berlangsung dan sebuah pesawat membawa penasehat keamanan nasional Israel kembali setelah pembicaraan di Moskow.

Selama dua tahun terakhir, Rusia telah membantu mengamankan pembebasan empat warga Suriah yang ditahan oleh Israel dengan imbalan pengembalian jenazah seorang tentara Israel yang dinyatakan hilang setelah pertempuran tank pada 1982 dengan pasukan Suriah di Lebanon.

Sumber: Reuters