KPU tetapkan Irwan-Samuel calon bupati/wabup Sigi terpilih

id irwan samuel,bupati sigi,pemkab sigi,kpu sigi,pilkada sigi

KPU  tetapkan Irwan-Samuel calon bupati/wabup Sigi terpilih

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Sigi Mohamad Irwan dan Samuel Yansen Pongi menghadiri rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sigi, di Kantor KPU Sigi, Kamis (18/2/2021) (ANTARA/HO-Dok Kominfo Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menetapkan Mohamad Irwan dan Samuel Yansen Pongi sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 2020.

"KPU Kabupaten Sigi menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih nomor urut 1 yaitu pasangan calon atas nama Mohamad Irwan dan Samuel Yansen Pongi," kata Ketua KPU Kabupaten Sigi, Hairil, di Sigi, Kamis.

Penetapan Irwan dan Samule dilakukan KPU Sigi dalam rapat pleno terbuka tentang penetapan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sigi terpilih, di KPU Sigi, Kamis.

Kata Hairil, rapat pleno penetapan itu dilakukan berdasarkan berita acara sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara dan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Sigi tahun 2020.

Kemudian, berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Sulawesi Tengah penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Sigi tahun 2020, dan surat KPU RI tentang penetapan pasangan calon terpilih pemilihan serentak tahun 2020.

"Juga, berdasarkan surat panitera Mahkamah Konstitusi nomor 26.112/PAN,MK/PSPK/02/2021 tanggal 15 Februari 2021 perihal penyampaian salinan ketetapan," kata Hairil.

Dalam berita acara rapat pleno penetapan, KPU Sigi menetapkan Mohammad Irwan dan Samuel Yansen Pongi dengan perolehan suara sebanyak 77.376 suara.

"Alhamdulillah rapat pleno penetapan ini berjalan kondusif, aman dan tertib. Kami mulai tadi sekitar pukul 15.00 Wita," sebut Hairil.

Rapat pleno penetapan dihadiri pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih Mohamad Irwan dan Samuel Y Pongi, partai politik pengusung dan pendukung, Bawaslu Sigi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Sementara itu Bupati Sigi terpilih, Irwan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut menyukseskan, menjaga keamanan dan ketertiban proses Pilkada Sigi tahun 2020. 
Sehingga, kata Irwan, jalannya proses demokrasi dapat berjalan aman, tertib, dan terkendali.
-
"Proses demokrasi berjalan tertib dan lancar. Terima kasih kepada warga Kabupaten Sigi yang telah menggunakan hak suaranya dengan tetap menjaga situasi kondusif di wilayah Kabupaten Sigi," ucap Irwan.

Irwan mengatakan pilkada ini merupakan momentum untuk bersama-sama meneguhkan niat persatuan dalam membangun Kabupaten Sigi ke depan, sehingga demokrasi dan pemerintahan di Sigi tetap berjalan dengan baik.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar