Pemkab Sigi siap tambah luas lahan untuk pengembangan Kampus IAIN

id IAIN Palu,Pemkab Sigi,Plh Bupati Sigi,prof Sagaf Pettalongi,Muh Basir,Kemenag,kampus II IAIN Palu

Pemkab Sigi  siap tambah luas lahan untuk pengembangan Kampus IAIN

Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi MPd (kanan) memberikan cendramata kepada Plh Bupati Sigi Muh Basir (kiri) disaksikan oleh Sekjen Kemenag Prof Nizar (batik merah) dan Wagub Sulteng Rusli Palabbi (batik biru), di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Sabtu (20/2/2021). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, siap menambah luas lahan untuk pengembangan Kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

"Kami siap menambah luas lahan IAIN Palu," ucap Pelaksana Harian Bupati Sigi Muh Basir di Sigi, Minggu.

IAIN Palu saat ini memiliki lahan seluas 21 hektare di Desa Pombewe, yang saat ini telah digunakan untuk membangun fasilitas kampus berupa tujuh gedung perkuliahan dan pelayanan akademik.

Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi menyebut bahwa pihaknya sebelumnya telah berkomunikasi dengan Bupati Sigi Mohamad Irwan mengenai pengembangan kampus, yang butuh dukungan lahan.

Respons Bupati Sigi saat itu, kata Sagaf sangat positif yakni akan menghibahkan lahan kurang lebih seluas 40 hektare yang berada di sekitar IAIN di Pombewe.

Berkaitan dengan itu, Plh Bupati Sigi Muh Basir mengemukakan bahwa lahan milik Pemkab Sigi yang ada di sekitar IAIN Palu di Pombewe seluas 320 hektare.

"Namun sebagian dari luas lahan tersebut sudah digunakan untuk pembangunan hunian tetap (Huntap) untuk percepatan pemulihan pascagempa dan likuefaksi Sigi," ucap Muh Basir.

Huntap yang nantinya akan ditempati oleh penyintas bencana gempa Sigi 28 September 2018 silam, hanya dibatasi oleh pagar dengan lahan IAIN Palu di Pombewe.

Sekjen Kemenag Prof Nizar mengemukakan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Agama nomor 20 tahun 2020 bahwa pengembangan perguruan tinggi keagamaan Islam, harus memiliki luas lahan minimal 10 hektare.

Kemenag, kata Nizar berharap besar kepada Pemerintah Provinsi Sulteng, dan Pemda Kabupaten Sigi untuk membantu pengembangan IAIN Palu.

"Karena kampus IAIN Palu di Sigi akan memberikan kontribusi dan dampak positif yang sangat besar kepada masyarakat di Sulawesi tengah dan Kabupaten Sigi, salah satunya yakni memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar kampus," ungkapnya.