DPRD Kota Palu usulkan pengangkatan Wali Kota Palu terpilih 2021-2024

id Sulteng,Palu,DPRD,DPRD Palu,Sandi

DPRD Kota Palu usulkan pengangkatan Wali Kota Palu terpilih 2021-2024

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih 2021-2024 Hadianto Rasyid-dr.Reny Lamadjido (pertama dan ke dua dari kanan) berjabat salam dengan anggota DPRD Kota Palu usai rapat paripurna istimewa pengusulan pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih hasil Pilkada 2020 di ruang sidang utama Kantor DPRD Palu, Minggu (21/2). (ANTARA/Muhammad Arsyandi)

Usulan ini merupakan tindak laniut dari surat Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Nomor: 131/41/RO.OTDA Tanggal 28 Januari 2021 Perihal: Usulan Pengesahan Pengangkatan dan Usulan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, rapat paripurna ini

Palu (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu mengusulkan pengesahan pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih 2021-2024 hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Hadianto Rasyid-dr. Reny Lamadjido.

Ketua DPRD Palu Moh. Iksan Kalbi saat memimpin rapat paripurna pengusulan pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih 2021-2024 di ruang sidang utama Kantor DPRD Palu, Minggu, mengatakan selain mengusulkan pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih, pihaknya juga mengusulkan pemberhentian Wali Kota dan Wali Kota Palu periode sebelumnya yaitu Hidayat-Sigit Purnomo Said.

"Usulan ini merupakan tindak laniut dari surat Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Nomor: 131/41/RO.OTDA Tanggal 28 Januari 2021 Perihal: Usulan Pengesahan Pengangkatan dan Usulan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, rapat paripurna ini merupakan siklus akhir dari keseluruhan tahapan penyelenggaraan pemilihan yang telah dilalui oleh Kota Palu," katanya.

Juga Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu Nomor:20/PL.02.7-Kpt/7271/KPU-Kot/II/2020 Tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Tahun 2020 tanggal 20 Februari.

"Dengan melahirkan pemimpin Kota Palu yang nantinya akan menahkodai roda penyelenggaraan pemerintahan daerah bersama DPRD Kota Palu dalam kurun waktu masa jabatannya," ujarnya.

Iksan sangat berharap ekspektasi masyarakat dan pemilih dalam perhelatan kontestasi pemilihan pemimpin Kota Palu pada 9 Desember 2020 lalu dapat dijawab dengan kerja oleh Hadianto Rasyid dan dr.Reny Lamadjido

Juga oleh sinergitas bersama seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kota Palu, lembaga negara yang ada di daerah dan instansi vertikal di daerah.

"Hasil kerja-kerja tersebut membuat wajah Kota Palu secara infrastruktur, sosial, budaya, dan terlebih lagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terlihat meningkat dalam masa jabatannya saudara dan saudari sekalian,"tambahnya.

KPU) Kota Palu menetapkan Hadianto Rasyid-dr Reny Lamadjido sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih 2021-2024 pada Pilkada 2020.

Ketua KPU Palu Agussalim Wahid menyatakan penetapan tersebut baru dapat dilakukan oleh KPU Palu hari ini setelah menerima salinan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) melalui KPU RI dalam perkara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu pada Pilkada 2020 pada Rabu (17/2).

"Menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2020, nomor urut 2 saudara Hi. Hadianto Rasyid,SE dan saudari dr.Reny A Lamadjido,Sp.PK.,M.Kes," katanya dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu di salah satu hotel di Palu, Sabtu (20/2).

Ia menyebut pasangan Hadianto Rasyid-dr. Reny Lamadjido memenangkan Piljada Kota Palu setelah memperoleh 64.249 suara dari total suara sah sebanyak 160.266 suara.

"Sementara itu pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Arista-Wahyuddin memperoleh 28.385 suara, paslon nomor urut 3 Hidyat-Habsa Yanti Ponulele memperoleh 30.372 suara dan paslon nomor urut 4 Imelda Liliana-Arena JR Parampasi memperoleh 37.260 suara," ujarnya.

Baca juga: DPRD Palu harap masyarakat tidak terkotak-kotak pascapilkada 2020
Baca juga: Wali Kota Palu terpilih ajak kompetitor bangun daerah melalui kritikan
Baca juga: KPU tetapkan Hadianto-Reny sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih