Rakor Kemenko Marves: Sulteng punya pengalaman pengamanan Ovitnas di DSLNG

id rakor marves

Rakor Kemenko Marves: Sulteng punya pengalaman pengamanan Ovitnas di DSLNG

Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr Ir Bunga Elim Somba, MSc. (kiri) saat mendengarkan sambutan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan pada layar pada acara Acara rapat koordinasi bertemakan "Pengamanan Kawasan Industri Strategis", secara virtual, Selasa (23/2/2021). (HO-Humas Setdaprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pada rapat koordinasi (rakor) yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) secara virtual, Selasa (23/2), Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr Ir Bunga Elim Somba, MSc menyampaikan bahwa Sulteng sudah mempunyai pengalaman dalam pengamanan objek vital nasional (ovitnas) seperti yang diterapkan di PT Donggi Senoro (DSLNG) Kabupaten Banggai.

"Kami sebenarnya sudah punya pengalaman dalam mengkoordinir pengamanan ovitnas di Sulawesi Tengah, khususnya yang ada di Donggi Senoro Kabupaten Banggai," ujar Elim Somba yang mewakili Gubernur Sulteng pada acara rakor virtual tersebut.

Elim Somba juga mengatakan bahwa khusus objek vital nasional di kawasan IMIP di Kabupaten Morowali sudah berjalan, hanya saja belum selesai, dan begitu juga yang ada di Kabupaten Morowali Utara.

"Jadi menurut kami tidak ada masalah untuk pengamanannya," ujar Elim Somba, dalam rilis yang disampaikan Humas Setda Provinsi Sulteng.

Sebelumnya sambutan pengantar Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menyampaikan bahwa isu gangguan keamanan dan stabilitas di kawasan industri tidak boleh lagi terjadi di Indonesia.

"Tidak boleh negara ini dikontrol oleh premanisme," ujar Luhut Pandjaitan.

Untuk itu ia mengharapkan sinergitas TNI/Polri sangat penting dalam menciptakan suasana kondusif di kawasan industri yang menjadi objek vital nasional. 

Acara rapat koordinasi bertemakan "Pengamanan Kawasan Industri Strategis" tampak hadir Menteri Perindustrian, Perwakilan Panglima TNI, Kepala Staf TNI AD, Wakapolri, Gubernur Sultra, Gubernur Kepulauan Riau, dan Gubernur Maluku Utara.

Kegiatan yang digelar Kemenko Marves ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan daya tarik investasi melalui iklim usaha yang kondusif.
 
Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr Ir Bunga Elim Somba, MSc. (kiri depan) bersama sejumlah pejabat lingkup Setda Provinsi Sulteng (kanan berbaris belakang) saat mendengarkan sambutan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan pada layar pada acara Acara rapat koordinasi bertemakan "Pengamanan Kawasan Industri Strategis", secara virtual, Selasa (23/2/2021). (HO-Humas Setdaprov Sulteng)