Gubernur Sulteng lantik lima kepala daerah terpilih

id kepaladaerah, pelantikan, gubernursulteng, longki djanggola, sulteng, pelantikanbupati, pelantikanwalikota

Gubernur Sulteng  lantik lima kepala daerah terpilih

Gubernur Longki Djanggola melantik dan mengambil sumpah lima kepala daerah definitif hasil Pilkada 2020 di Palu, Jumat (26/2/2021) ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah melantik dan mengambil sumpah terhadap lima kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif hasil Pilkada 2020.

Gubernur Sulteng Longki Dajanggola dalam sambutannya usai mengambil sumpah kepala daerah di Palu, Jumat mengatakan para kepala daerah yang telah mengucapkan sumpah agar segera melaksanakan tugas mewujudkan janji-janji kepada rakyat untuk membangun serta menuntaskan persoalan-persoalan yang ada di daerah masing-masing.

"Kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif agar menjalankan mandat yang telah diterima dengan jiwa penuh tanggung jawab, berintegritas serta dapat merangkul semua kalangan dan kepentingan yang ada di wilayah masing-masing, mengingat kontestasi pilkada sudah berakhir," ujar Longki.

Menurut dia, sudah saatnya bersatu dalam rangka mendukung dan menyukseskan arah pembangunan daerah lima tahun ke depan di bawah kepemimpinan bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota definitif.

Oleh karena itu, sinergitas pemerintah dan masyarakat sangat penting guna menciptakan suasana yang damai di tengah kehidupan sosial dan jangan lagi ada prasangka bahkan saling membenci hingga memusuhi, menyebar berita bohong serta provokasi yang pada akhirnya justru dapat merugikan masyarakat dan mengganggu kestabilan pemerintahan.

"Narasi-narasi yang sifatnya mengajak, pada persatuan dan sinergitas merupakan kata kunci yang harus diwujudkan demi menjaga asa dan semangat masyarakat," ucap Longki.

Di kesempatan itu, Gubernur menaruh harapan kepada bupati/wali kota definitif sebagai lider di pemerintahan sekaligus perumus strategi dan pengambil kebijakan di tingkat kabupaten/kota agar pandai membaca kekuatan dan peluang yang dimiliki dalam rangka menyiasati kelemahan serta tantangan dihadapi dengan melakukan terobosan kreatif serta inovatif, baik untuk mengatasi pandemi COVID-19 maupun mendorong akselerasi pembangunan daerah masing-masing.

Ia juga mengingatkan, saat ini program imunisasi COVD-19 telah memasuki tahap kedua, dimana petugas publik dan lansia menjadi target penerima vaksinasi, sehingga bupati/wali kota segera mengambil langkah strategis berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya untuk membuat rencana aksi daerah, guna menyukseskan program imunisasi COVID-19 di Sulteng.

"Dalam upaya pengendalian penularan virus corona, maka kepala daerah perlu menyiapkan tempat-tempat isolasi memadai bagi pasien terkonfirmasi positif, termasuk merealokasi anggaran untuk menanggulangi dampak COVID-19 sebagaimana surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri)," kata Longki memaparkan.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar