Pemkab Sigi akan koordinasi PUPR percepat selesaikan irigasi

id Pemkab Sigi,wabup sigi,samuel y pongi,pertanian sigi,pemprov sulteng

Pemkab Sigi akan koordinasi PUPR  percepat selesaikan irigasi

Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi saat menanam jagung hibrida di Desa Langaleso, Kabupaten Sigi, Sabtu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, segera koordinasi kembali dengan Kementerian PUPR untuk mempercepat penyelesaian pembangunan irigasi di daerah itu, yang rusak terdampak bencana alam gempa bumi 28 September 2018.

"Kami berjuang keras untuk pemulihan sektor pertanian, kami akan segera berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Kementerian PUPR untuk percepatan penyelesaian pembangunan irigasi," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Sigi, Sabtu.

Kementerian PUPR melibatkan BUMN untuk membangun irigasi di Kabupaten Sigi sejak tahun 2019. Hingga saat ini pembangunan dan perbaikan irigasi telah sampai di sebagian wilayah Kecamatan Tanambulava yang berbatasan dengan Kecamatan Gumbasa.

Karena itu, irigasi baru mengairi air sampai di sebagian wilayah Kecamatan Gumbasa, sekitar Desa Kalawara. Akibatnya masih ada sekitar 8.000 hektare lahan potensial pertanian sawah padi di Sigi belum dapat digarap oleh masyarakat.

Irigasi itu memanjang dari Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi dan hilirnya berada di Kelurahan Petobo, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Kami peduli terhadap masalah pertanian, maka irigasi menjadi satu prioritas kami untuk kami koordinasikan dan sampaikan ke Kementerian PUPR," ucap Samuel Y Pongi.

Samuel juga meminta kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sulteng untuk membantu Pemkab Sigi dalam pengembangan sektor pertanian, baik dari sisi benih, pupuk, dan alat mesin pertanian.

"Program pembangunan kesejahteraan masyarakat berbasis agrobisnis, membutuhkan dukungan para pihak utamanya dari Pemprov Sulteng dalam hal pengembangan sektor pertanian," ujarnya.

Berkaitan dengan itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sulteng trie Iriany Lamakampali menyatakan bahwa Sigi menjadi satu daerah yang sangat potensial pertanian.

Karena itu, Sigi dalam rencana pembangunan akan dijadikan sebagai satu daerah andalan penyuplai kebutuhan pangan dari sektor pertanian.

"Olehnya kami akan membantu pengelolaan, pemanfaatan lahan dan pengembangan pertanian di Sigi," ujar Trie.

Trie juga meminta kepada Pemkab Sigi untuk melakukan inovasi dalam membantu petani, misalnya mencari CSR dari berbagai pihak untuk mendukung pendanaan kegiatan pertanian.
Irigasi di Kabupaten Sigi yang dibangun oleh Kementerian PUPR mulai mengairi air ke lahan pertanian masyarakat. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar