Wabup Sigi harap Lapas Palu kerjasama Pemkab bisa berdayakan warga Lapas

id Wakil Bupati Sigi,Pemkab Sigi,Samuel Y Pongi,Lapas Kelas IIA Palu,Lapas Petobo

Wabup Sigi harap Lapas Palu kerjasama Pemkab bisa berdayakan warga Lapas

Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi saat menanam benih jagung hibrida dalam program asimilasi kebun yang dilaksanakan oleh Lapas Kelas IIA Palu, di Desa Langaleso, Kabupaten Sigi, Sabtu (27/2/2021) ANTARA/Muhammad Hajiji

Ini agar kami siap menerima mereka, ketika mereka keluar dari lembaga pemasyarakatan
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Wakil Bupati Sigi  Provinsi Sulawesi Tengah Samuel Y Pongi mengharapkan adanya sinergitas atau kerjasama antara Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu dengan pemerintah kabupaten setempat, dalam rangka membina warga Lapas yang berasal dari Sigi.

"Ini agar kami siap menerima mereka, ketika mereka keluar dari lembaga pemasyarakatan," ucap Samuel Y Pongi di Sigi, Sabtu.

Kata Samuel, kerjasama itu penting, sebagai bentuk upaya pemberdayaan masyarakat Sigi yang menjadi warga Lapas Kelas IIA Palu, agar kelak ketika keluar, tidak lagi kesulitan mencari pekerjaan.

Olehnya, sebut dia, kerjasama itu diikutkan dengan pemberian life skill untuk peningkatan keterampilan dan nantinya dapat diberikan bantuan oleh pemerintah berupa alat sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

"Sehingga dengan begitu dapat membuka dan memberikan kesempatan lapangan kerja baru," sebutnya.

Samuel juga mengemukakan bahwa Pemkab Sigi mendukung penuh upaya pemberdayaan warga Lapas yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Palu melalui program asimilasi kebun.

Program asimilasi yang dilaksanakan yakni memberdayakan warga Lapas untuk bertani, di lahan seluas 10 hektare yang terletak di Desa Langaleso Kabupaten Sigi.

"Program ini sangat baik, yakni memanfaatkan lahan yang tersedia untuk pertanian, program itu juga sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sigi untuk menjadikan Kabupaten Sigi yang berdaya saing berbasis agribisnis," ujarnya.

Berkaitan dengan itu, Kepala Lapas Kelas IIA Palu Gamal Badri merespon positif usulan kerjasama untuk pemberdayaan warga Lapas yang berasal dari Sigi.

"Pelaksanaan program asimilasi untuk pemberdayaan warga Lapas, memang membutuhkan kolaborasi program dan sinergitas dengan berbagai pihak," sebutnya.

Gamal menguraikan bahwa lewat program asimilasi, pihaknya juga membangun sinergi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk melatih keterampilan warga Lapas.

Selain itu, untuk sektor perkebunan dan pertanian, warga Lapas diberdayakan untuk bertani dengan menggandeng Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng.
Kepala Lapas Kelas IIA Palu Gamal Badri enyampaikan sambutan pada program asimilasi kebun yang dilaksanakan oleh Lapas Kelas IIA Palu, di Desa Langaleso, Kabupaten Sigi, Sabtu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)s
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar