Rusdi Mastura: Sulteng punya potensi pertambangan yang sangat besar

id gubernur sulteng terpilih,rusdi mastura,pertambangan ,nasdem

Rusdi Mastura: Sulteng punya potensi pertambangan yang sangat besar

Gubernur Sulteng Terpilih di Pilkada 2020, Rusdi Mastura (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sulteng ini daerah yang kaya akan sumber daya alam sektor pertambangan, bila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia
Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Terpilih di pilkada 2020, Rusdi Mastura mengemukakan bahwa Sulteng memiliki potensi pertambangan yang sangat besar dan bermacam-macam.

"Sulteng ini daerah yang kaya akan sumber daya alam sektor pertambangan, bila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia," ucap Rusdi Mastura saat dalam paparannya saat menjadi pembicara utama kuliah umum semester genap tahun 2021 IAIN Palu, di Palu, Selasa.

Di hadapan para akademisi IAIN Palu, Rusdi Mastura menguraikan bahwa setidaknya potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulteng terdiri dari biji besi, minyak dan gas, nikel, emas dan logam.

Bila dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia yang hanya memiliki potensi pertambangan emas, minyak dan gas.

Namun, akui dia, potensi pada sektor pertambangan itu, belum berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat yang ada di Sulawesi Tengah.

Bahkan, potensi sektor pertambangan itu, kata Rusdi Mastura tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap pendapatan daerah.

"Dana bagi hasil antara Pemerintah Pusat dan Pemda Sulteng hanya senilai Rp3 triliun, begitu juga PAD hanya Rp1 triliun. Padahal Sulteng kaya akan potensi pertambangan," ucapnya.

Rusi mengaku telah bertemu dengan Mendagri untuk membahas mengenai dana bagi hasil tersebut, ia meminta agar dana bagi hasil untuk Sulteng diberikan alokasi yang besar.

Selain itu, untuk mendongkrak peningkatan PAD dan fiskal daerah, maka Rusdi Mastura akan membuat perusahaan daerah yang mengelola dan memanfaatkan potensi pertambangan yang ada.

"Biar program kita setinggi langit, kalau fiskal daerah kita rendah, maka kita tidak bisa berbuat apa-apa," ungkapnya.
Gubernur Sulteng Terpilih di Pilkada 2020, Rusdi Mastura menyampaikan gagasan membangun sulteng dan strategi implementasinya pada kuliah umum semester genap tahun 2021, di IAIN Palu, Selasa. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar