Gubernur Sulteng terpilih janji akan genjot infastruktur perdagangan

id Rusdi Mastura,Gubernur Sulteng Terpilih,infastruktur perdagangan,nasdem,kuliah umum

Gubernur Sulteng terpilih  janji akan genjot infastruktur perdagangan

Gubernur Sulteng Terpilih Rusdi Mastura (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) terpilih di pilkada 2020, Rusdi Mastura menyatakan akan menggenjot infastruktur perdagangan dan eskpor hasil pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan, sebagai salah satu strategi membangun kesejahteraan masyarakat petani, pekebun, dan nelayan.

"Kita butuh jalur yang terkoneksi langsung dengan pasar, ini agar hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kelautan langsung ke pasar," ucap Rusdi Mastura saat memaparkan materi tentang gagasan membangun Sulteng dan strategi implementasinya pada kuliah umum semester genap tahun 2021, di IAIN Palu, Selasa.

Rusdi Mastura mengemukakan saat ini sebagian daerah di Sulawesi Tengah seperti Kabupaten Buol telah memanfaatkan dan mengembangkan budidaya udang vaname.

Budidaya udang vaname, kata Rusdi menjadi salah satu primadona pasar yang paling diincar, dan sangat menjanjikan untuk kesejahteraan masyarakat.

Ia berjanji ketika telah dilantik sebagai Gubernur, maka ia membuka 500 hektare tambak untuk budidaya udang vaname, yang pengelolaannya sepenuhnya diberikan kepada masyarakat melalui perusahaan daerah.

"Olehnya butuh pasar, pasarnya ialah Kalimantan yang sebentar lagi akan menjadi ibu kota negara. Maka di Buol harus ada pelabuhan ekspor yang bisa mengekspor langsung baik di dalam negeri dan di luar negeri," sebutnya.

Rusdi Mastura juga menyebut bahwa dirinya juga akan membangun infrastruktur yang menghubungkan Kabupaten Parigi Moutong dan Donggala. Hal itu agar hasil-hasil pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikanan yang ada di Parigi Moutong cepat tembus pasar di Kalimantan Malaysia.

Agar cepat tembus pasar, maka ia berencana akan membangun satu pelabuhan ekspor di wilayah Pante Barat, Kabupaten Donggala.

Begitu juga, sebut dia, dengan pembukaan dan pembangunan jalan yang menghubungkan Desa Bangga di Kabupaten Sigi dengan Lalundu, di Kabupaten Donggala.

"Agar supaya hasil pertanian yang ada di dataran Lembah Napu Kabupaten Poso, bisa langsung dan cepat ke pasar lewat Kabupaten Sigi," kata dia.

Pembangunan infrastruktur untuk percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat petani, nelayan, pekebun dan peternak, menjadi prioritasnya.

"Supaya potensi-potensi seperti kelapa, porang, dan sebagainya bisa tembus langsung ke pasar," ungkapnya.
Gubernur Sulteng Terpilih Rusdi Mastura (tengah) disambut oleh Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd (kanan) saat tiba di IAIN Palu, Selasa. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar