Pemkab Sigi bentuk koperasi bagi peternak dan petani

id pemkab sigi,wakil bupati sigi,koperasi peternak ,koperasi petani,samuel y pongi

Pemkab Sigi  bentuk koperasi bagi peternak dan petani

Sebagian petani di Kabupaten Sigi telah memanen dan mulai menjemur gabah padi di lokasi penggilingan padi sebelum dimasukan ke mesin penggilingan. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, akan membentuk koperasi bagi peternak dan petani, dalam rangka menopang kegiatan petani dan peternak dalam bertani dan budidaya peternakan.

"Budidaya peternakan dan kegiatan bertani oleh peternak dan petani bantuan bibit, benih, pupuk termasuk pendanaan. Maka, koperasi menjadi satu solusi selain KUR dari perbankan untuk pendanaan," ungkap Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi, di Sigi, Kamis.

Samuel Y Pongi mengakui bahwa untuk kelancaran kegiatan peternakan dan sektor pertanian, dibutuhkan dukungan benih bibit, pupuk, permodalan dan pasar.

Pemkab Sigi berkomitmen memastikan bahwa kebutuhan petani, peternak dan pekebun terpenuhi dengan baik, demi membangkit perekonomian pascabencana 28 September 2018 dan di masa pandemi COVID-19.

Koperasi petani dan peternak, nantinya akan berada di ingkat desa dan kecamatan. Di tingkat desa, koperasi akan bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa.

Dalam memajukan sektor pertanian dan peternakan untuk kesejahteraan masyarakat dibutuhkan intervensi dana desa.

"Peternak di Desa Jono Oge, mereka membutuhkan dukungan pendanaan untuk operasional budidaya seperti dukungan pakan dan sebagainya. Maka koperasi bisa membantu hal itu," ungkapnya.

Terkait  peternak di Desa Jono Oge Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulteng Lukky Semen, menyampaikan beberapa hal terkait dengan hasil komunikasinya dengan beberapa kelompok ternak di desa itu.

"Kelompok ternak meminta mengenai pasar atas penjualan hasil ternak babi," ungkapnya.

Lukky Semen mengusulkan untuk membentuk koperasi yang akan memfasilitasi para peternak untuk menjual hasil ternaknya.

Atasan usulan itu, Wabup Sigi Samuel menyambut positif. Samuel menyampaikan kepada dinas terkait menindaklanjuti usul ini dengan melakukan telaah kondisi lokasi ternak, dan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada kelompok ternak di Desa Jono Oge terkait dengan pembentukan koperasi.
Petani di Kabupaten Sigi usai memanen dan menjemur gabah padi di lokasi penggilingan di Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, gabah dimasukan ke mesin penggilingan untuk menjadi beras siap konsumsi. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar