DP3A Sulteng latih kemampuan kepemimpinan perempuan Tojo Una-una

id irmawati sahi,pemprov sulteng,perempuan sulteng,dp3a sulteng,dp3a

DP3A Sulteng latih kemampuan kepemimpinan perempuan Tojo Una-una

DP3A Provinsi Sulteng melaksanakan pelatihan kepemimpinan perempuan dalam kelembagaan desa, yang dilaksanakan di Ampana, Kabupaten Tojo Una-una 4-5 Maret 2021. (ANTARA/HO-Dok DP3A Sulteng)

DP3A Provinsi Sulteng berupaya meningkatkan kualitas perempuan agar memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan siap bersaing untuk menjadi pemimpin desa
Palu (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Tengah melaksakan pelatihan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan perempuan di Kabupaten Tojo Una-una dalam kelembagaan desa.

"DP3A Provinsi Sulteng berupaya meningkatkan kualitas perempuan agar memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan siap bersaing untuk menjadi pemimpin desa," ucap Kepala DP3A Provinsi Sulteng melalui Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Irmawati Sahi, dihubungi dari Palu, Jumat.

Kata Irmawati Sahi, pemerintah telah memberikan ruang aksesibilitas yang luas bagi perempuan untuk menjadi pemimpin di berbagai posisi pengambilan keputusan di semua tingkatan. Namun aksesibilitas itu belum dimanfaatkan oleh perempuan secara optimal karena masih adanya kendala psikologis, kultural dan politis yang menghambat kemajuan perempuan.

"Terlebih bagi perempuan yang ingin menjadi kepala desa di tingkat perdesaan memerlukan modalitas yang cukup memadai baik kapasitas intelektual, modal sosial dan ekonomi serta dukungan politik dari masyarakat perdesaan sebagai pemilihnya," kata Irma.

Olehnya, kata dia, perlu memperbesar jumlah peran perempuan dalam politik dan pengambilan keputusan, terlebih bagi perempuan agar menjadi pemimpim yang mampu mengatasi permasalahan perempuan dan anak.

Baca juga: Pejabat DP3A Sulteng: Perempuan dan anak berhak bebas dari penyiksaan
Baca juga: Pemenuhan hak kaum rentan butuh sinergitas para pihak
Baca juga: DP3A Sulteng gandeng para pihak untuk susun Ranperda pemenuhan hak anak


"Seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan perempuan dan anak, kemiskinan dan keterbelakangan perempuan serta meningkatkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan," ungkapnya.

Karena itu, sebut dia, DP3A Provinsi Sulteng melaksanakan pelatihan kepemimpinan perempuan untuk meningkatkan kesadaran politik perempuan di tingkat desa.

"Pelatihan ini juga untuk meningkatkan peran serta perempuan di wilayah publik dan mendorong peningkatkan jumlah perempuan yang terjun di pemerintahan desa," sebutnya.

Ia menambahkan semakin banyak perempuan yang menjadi kepala desa akan berdampak positif dalam mewarnai dan memperkaya khasanah demokrasi yang berkualitas, guna mempercepat terwujudnya masyarakat yang berkeadilan gender.

Upaya mengasah kemampuan kepemimpinan perempuan, dilakukan oleh DP3A Provinsi Sulteng melalui pelatihan kepemimpinan perempuan dalam kelembagaan desa, yang dilaksanakan di Ampana, Kabupaten Tojo Una-una 4-5 Maret 2021.

Pelatihan itu melibatkan 60 peserta terdiri dari kepala desa, lurah, badan permusyawaratan desa, organisasi perempuan, tokoh perempuan, pemerhati perempuan, tokoh pemuda.