Rapat Apeksi bahas isu terkini

id Apeksi 2021-2024,Bima Ketua Apeksi,Pemkot Bogor,Pengurus Apeksi,Apeksi,Bima Arya

Rapat Apeksi bahas isu terkini

Musyawarah VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

Ini rapat pertama Apeksi dengan jajaran Dewan Pengurus dan Ketua Komisariat Wilayah yang baru
Bogor (ANTARA) - Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2021-2024 menyelenggarakan rapat pertama di Kota Bogor, Jawa Barat, untuk membahas program kerja termasuk menyikapi isu terkini.

"Ini rapat pertama Apeksi dengan jajaran Dewan Pengurus dan Ketua Komisariat Wilayah yang baru," kata Ketua Dewan Pengurus Apeksi periode 2021-2024, Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor di Kota Bogor, Sabtu.

Bima Arya menjelaskan, Apeksi membangun semangat kebersamaan, sehingga pada rapat pertama Apeksi ini juga melakukan berbagai kegiatan kolaborasi dengan pihak lain, salah satunya dengan Forum Rektor Indonesia (FRI).

"Kita memperkuat sinergi melalui kerjasama antardaerah dan berbagai pihak, sesuai dengan semangat kebersamaan yang dibangun Apeksi. Kolaborasi dengan FRI adalah membangun sinergitas antara kota dan kampus,” katanya.

Bentuk kerja sama antara Apeksi dan FRI, kata dia, adalah mendukung percepatan pembangunan di kota-kota anggota Apeksi yang ada perguruan tinggi anggota FRI serta penggunaan teknologi tepat guna dan hasil penelitian keilmuan dari perguruan tinggi. "Sasarannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Rapat pertama dihadiri 13 wali kota dari berbagai daerah, yakni Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Hadir juga Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, Wali Kota Kupang Jefirstson R Riwu Kore, Wali Kota Tarakan Khairul serta Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (Wali Kota Ambon).

Kemudian dua wali kota lainnya, yakni Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan Dedy Wali Kota Tegal Yon Supriyono mengikuti rapat Apeksi secara daring dari daerahnya masing-masing.

Menurut Bima Arya, wali kota yang hadir di Kota Bogor adalah Dewan Pengurus dan para Ketua Komisariat Wilayah Apeksi periode 2021-2024. Pengurus Apeksi 2021-2024 dikukuhkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Musyawarah Nasional VI Apeksi di Jakarta, Kamis (11/2).