Puluhan ASN Parigi Moutong ikut seleksi jabatan pimpinan tinggi

id Joy, jabataneselon, BKD Parimo, Ahmad Syaiful, Parigi Moutong, Sulteng

Puluhan ASN Parigi Moutong ikut seleksi jabatan pimpinan tinggi

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parigi Moutong, Ahmad Syaiful. ANTARA/HO/Satrimawan

Pelaksanaan seleksi merujuk pada surat edaran Menteri Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB)
Parigi (ANTARA) -
Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengikuti tahapan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama eselon IIb.
 
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parigi Moutong Ahmad Syaiful di Parigi, Minggu mengatakan, seleksi atau lelang jabatan pada JPT eselon IIb diikuti kurang lebih 30 ASN untuk promosi jabatan mengisi kekosongan di sejumlah instansi.
 
"Pelaksanaan seleksi merujuk pada surat edaran Menteri Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) nomor 52 tahun 2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif dilingkungan instansi pemerintahan dalam kedaruratan COVID-19," ujar Syaiful.
 
Dia menjelaskan, ASN yang ikut dalam proses seleksi JPT yakni sekretaris, kepala bidang, kepala bagian yang telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk promosi mengisi kekosongan jabatan pimpinan pada sejumlah instansi, karena sebagian pejabat telah purna.
 
Oleh karena itu, peserta diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian proses lelang jabatan sesuai prosedur dan ketentuan Perundang-undangan berlaku.
 
"Saat ini sudah tahapan tes tertulis sebagai salah satu syarat, lalu selanjutnya ada tes wawancara dan sejumlah tahapan lainnya," katanya.
 
Ia menambahkan, saat ini ada sembilan jabatan lowong yang harus diisi, oleh karena itu sebelum pengisian maka seleksi di pandang perlu sebagai salah satu syarat untuk promosi jabatan eselon IIb dan pada tahapan seleksi tertulis, akan dilakukan perangkingan mengerucut ketiga besar nilai tertinggi.
 
Adapun jabatan lowong yang diisi yakni, jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). 
 
Dari seleksi JPT, diharapkan dapat melahirkan pimpinan-pimpinan yang berkualitas guna membantu kepala daerah merealisasikan visi-misi pemerintahan untuk kepentingan rakyat.
 
"Sebagai mana jadwal dan tahapan, pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat eselon IIb ditarget pada akhir Maret 2021," demikian Syaiful.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar