Pemkab Sigi prioritaskan pembangunan infastruktur di wilayah terpencil

id pemkab sigi,bupati sigi,wabup sigi,samuel pongi,infastruktur perdesaan,mohamad irwan

Pemkab Sigi  prioritaskan pembangunan infastruktur di wilayah terpencil

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) saat menyambut kedatangan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar di Sigi, Sabtu 16 Januari 2021 (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah memprioritaskan pembangunan infastruktur jalan dan jembatan di wilayah terpencil, demi membuka akses kepada masyarakat.

"Peningkatan dan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, pemerintah terus bergerak untuk meningkatkan dan memperbaiki termasuk di wilayah Kecamatan Pipikoro," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi, di Sigi, Senin.

Infastruktur berupa jalan dan jembatan di wilayah terpencil, seperti di Kecamatan Pipikoro akan digenjot oleh pemerintah, yang salah satu tujuannya agar hasil-hasil pertanian masyarakat bisa mendapat akses menuju pasar.

Selain untuk akses ekonomi,  infastruktur di wilayah terpencil dibangun untuk percepatan pelayanan pemerintah dan menunjang kehidupan sosial budaya masyarakat.

Samuel Pongi mengatakan bahwa pembangunan infastruktur perdesaan, dibutukan sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat utamanya Kementerian Desa.

"Semua itu tak terlepas dari kerja sama semua pihak untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di desa," kata dia.

Wakil Bupati berharap program perencanaan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan dan juga program inovasi Sigi Masagena dapat terealisasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarkat Kabupaten Sigi.

Sebelumnya Bupati Sigi Mohamad Irwan mengharapkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) Abdul Halim Iskandar agar bisa membantu membangunkan infrastruktur jalan yang menghubungkan antar desa di Sigi.

"Bagaimana langkah untuk percepatan pembangunan infrastruktur daerah, karena kalau tidak dilakukan maka semua akan menjadi sulit dan mahal di desa," ucap Mohamad Irwan.

Harapan itu disampaikan Mohammad Irwan kepada Menteri Abdul Halim Iskandar saat  melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sigi, Sabtu 16 Januari 2021.

Kepada Menteri Abdul Hakim, Bupati Mohamad Irwan menguraikan dari Desa Boladangko ke Desa Banggaiba di Kecamatan Kulawi atau dari Desa Peana Kecamatan Pipikoro ke Desa Kalamanta, sulit akses menuju desa-desa tersebut.

"Hanya bisa naik ojek dengan medan yang terjal. Kalau naik ojek ke desa tersebut harus bayar Rp2 juta," ujarnya.

Kondisi yang dihadapi masyarakat di desa, sebut bupati sangat sulit karena belum ada akses jalan yang memadai menuju desa mereka.

"Sehingga masyarakat kecil, masyarakat petani sebanyak apapun hasil panen yang mereka bawa, kalah harga ojek dengan nilai begitu, maka masyarakat akan tersiksa. Ini karena akses jalan belum teraspal, dan medan yang sangat sulit dilewati," ungkap Bupati.

Wakil Bupati Sigi Samuel Y Pongi disambut warga saat melakukan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Pipikoro.
Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) saat menyambut kedatangan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar di Sigi, Sabtu 16 Januari 2021 (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar